Wow! Restoran Bersejarah Milik Kolonel Sanders KFC Bakal Dijual Rp 135 Miliar

ADVERTISEMENT

Wow! Restoran Bersejarah Milik Kolonel Sanders KFC Bakal Dijual Rp 135 Miliar

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 27 Sep 2022 19:00 WIB
Wow! Restoran Bersejarah Milik Kolonel Sanders KFC Bakal Dijual Rp 135 Miliar
Foto: enterpreuner.com / Courtesy of Andrew Kung Group
Jakarta -

Kolonel Sanders dan istrinya punya restoran bersejarah yang telah berdiri selama 63 tahun. Restoran ini akan dijual segera dengan harga ratusan miliar!

Kolonel Sanders adalah pebisnis yang ikut mendirikan restoran ayam cepat saji, Kentucky Fried Chicken (KFC). Selain mengembangkkan resep dan gerai-gerai KFC, ternyata pria ini juga punya restoran bersejarah lainnya yang bernama Claudia Sanders Dinner House.

Melansir nypost.com (25/09), restoran yang telah berdiri selama 63 tahun itu terletak di Shelbyville, Ky, Amerika Serikat. Restoran ini telah menarik banyak minat penduduk lokal maupun turis karena ayam goreng yang dimilikinya. Selain ayam goreng yang populer, ada juga roti gulung, cole (semacam makanan vegetarian) dengan isi selada, hingga pie buatan sendiri.

Setelah bertahun-tahun berdiri dan ditinggalkan oleh Kolonel Sanders dan istrinya, bulan Juni lalu restoran tersebut mulai diincar oleh banyak orang karena lekat dengan sosok Kolonel Sanders.

Penjualan restoran ini membuat induk perusahaan KFC, YUM! Brands merasa tidak senang dengan kesepakatan dua lawan satu yang kemungkinan menimbulkan persaingan. YUM! Brands pun segera mengajukan hak paten ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS untuk melindungi merek dagang KFC, termasuk resep asli milik Kolonel Sanders. Nantinya hak tersebut akan menyulitkan siapa pun yang ingin mewaralabakan Claudia Sanders Dinner House.

Restoran milik Kolonel Sanders dan istrinya ini dibangun ketika keduanya resmi menikah. Dengan luas tanah 3 hektar, akhirnya Kolonel Sanders juga menggunakan sebagian lahannya untuk dijadikan kediaman pribadi.

Wow! Restoran Bersejarah Milik Kolonel Sanders KFC Bakal Dijual Rp 135 MiliarMenu yang ditawarkan tidak jauh beda dengan gerai KFC, seperti ayam goreng, roti, bayam krim, cole selada, dan pie. Foto: enterpreuner.com / Courtesy of Andrew Kung Group

Claudia Sanders Dinner House telah menjadi andalan di kota tersebut sejak tahun 1959. Bahkan tempat tersebut pernah menjadi markas KFC pertama. Menu yang ditawarkan tidak jauh beda dengan gerai KFC, seperti ayam goreng, roti, bayam krim, cole selada, dan pie.

Bahkan banyak turis mancanegara, terutama dari Jepang juga banyak mengunjungi restoran milik Kolonel Sanders dan istrinya ini. Setelah Kolonel Sanders dan istrinya Claudia meninggal, properti tersebut berada di tangan teman keluarga Sanders yang melanjutkan bisnis restoran tersebut.

Tetapi karena faktor umur, Tommy dan Cherry Settle yang telah membeli perusahaan Sanders sejak tahun 1970-an ini ingin pensiun. Alhasil banyak tawaran masuk untuk segera mengambil properti bersejarah milik Kolonel Sanders ini.

Wow! Restoran Bersejarah Milik Kolonel Sanders KFC Bakal Dijual Rp 135 MiliarThe Settles menjual dengan harga Rp 136 miliar untuk kekayaan intelektual mereka, termasuk nama "Claudia sanders" dan beberapa benda-benda bersejarah milik Kolonel Sanders. Foto: enterpreuner.com / Courtesy of Andrew Kung Group

The Settles yang merupakan pemegang properti restoran, menjual dengan harga $9 juta atau sekitar Rp 136 miliar untuk kekayaan intelektual mereka, termasuk nama "Claudia sanders" dan beberapa benda-benda bersejarah milik Kolonel Sanders seperti ember KFC pertama dan surat ulang tahun dari Presiden Richard Nixon kepada Kolonel Sanders.

Sejauh ini, pembeli yang tertarik merupakan kelompok dari restoran lokal dan besar, pengusaha yang memiliki bisnis global, bahkan perusahaan minuman alkohol lokal.

Salah satu pembeli potensial membeberkan bahwa mereka akan mengubah rumah Kolonel Sanders sebagai persewaan Airbnb kelas atas. Sementara kandidat pembeli lain sedang menjajaki lisensi hidangan populernya termasuk menu populer roti gulung untuk dijual di supermarket.



Simak Video "Ramai Warga Korsel Boikot Franchise Ayam Goreng, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT