9 Negara Ini Punya Etika Makan Paling Aneh di Dunia

ADVERTISEMENT

9 Negara Ini Punya Etika Makan Paling Aneh di Dunia

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 27 Sep 2022 11:30 WIB
Etika Makan Aneh di Dunia
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Etika makan di setiap negara pastinya berbeda, namun harus tetap dihormati. Seperti 9 negara berikut yang memiliki etika makan paling aneh di dunia.

Setiap negara memiliki aturan berperilaku hingga tata cara makan yang berbeda. Tata cara atau etika makan yang biasanya paling digunakan, apalagi kalau sedang berlibur ke negara tersebut.

Di antara banyaknya etika makan yang baik dan terlihat sopan, beberapa negara di dunia ini justru kebalikannya. Dilansir dari MSN (26/9), ada sekitar 9 negara yang memiliki etika makan teraneh di dunia.

Baca Juga: Kupi Khop, Kopi dalam Gelas Terbalik yang Unik dari Aceh

Berikut 9 negara dengan etika makan paling aneh di dunia:

1. Jepang

Etika Makan Aneh di DuniaEtika Makan Jepang Foto: Getty Images/iStockphoto

Di beberapa negara, menyeruput makan sampai terdengar suaranya dilarang karena dianggap tidak sopan. Namun, di Jepang justru diharuskan.

Menyeruput makanan dengan suara yang keras di Jepang memiliki arti menikmati makanannya. Etika tersebut juga menandakan kalau kamu menghargai pekerjaan koki dan sebagai tanda rasa terima kasih.

2. Afganistan

Etika Makan Aneh di DuniaEtika Makan Afganistan Foto: Getty Images/iStockphoto

Saat makanan jatuh, biasanya orang akan membuangnya. Berbeda dengan negara Afganistan yang memiliki etika makan berkaitan dengan makanan jatuh.

Saat makan roti di sana kalau terjatuh mereka harus mengambilnya, mencium, menempelkannya di kening, lalu ditaruh di samping. Dalam Islam, makanan dipandang sebagai hadiah dari Tuhan, dan menyia-nyiakannya dianggap dosa.

3. China dan Taiwan

Etika Makan Aneh di DuniaEtika Makan Aneh di Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto

Bersendawa setelah makan adalah hal yang tidak sopan dilakukan oleh orang di beberapa negara. Untuk orang di China dan Taiwan justru hal tersebut bentuk sanjungan tertinggi yang berarti menyukai makanannya.

4. Singapura

Makan permen karet sering dilakukan banyak orang saat sedang ngemil. Namun di Singapura, mengunyah permen karet tidak diperbolehkan. Karena dianggap sebagai perilaku yang buruk.

Mengunyah permen karet di jalan juga dianggap melanggar hukum. Sejak tahun 1992 ada aturan tidak boleh mengunyah permen karet dalam upaya menjaga kebersihan jalan.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Jepang yang Gurih Mantap Buat Bekal dan Sarapan



Simak Video "Bikin Laper: Bakso dengan Taburan Kikil Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT