Jangan Dibuang! Ini 7 Cara Manfaatkan Ampas Kopi yang Ramah Lingkungan

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Jangan Dibuang! Ini 7 Cara Manfaatkan Ampas Kopi yang Ramah Lingkungan

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 26 Sep 2022 07:30 WIB
Jangan Dibuang! Ini 7 Cara Manfaatkan Ampas Kopi yang Ramah Lingkungan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Luis Echeverri Urrea
Jakarta -

Setelah minum kopi, biasanya ampas kopi dibuang dan jadi limbah. Padahal ada 7 cara cerdas memanfaatkan ampas kopi yang ramah lingkungan.

Minum kopi sudah melekat pada kebiasaan sehari-hari orang banyak. Sayangnya bubuk kopi atau yang dikenal dengan sebutan ampas juga sulit diatasi sampahnya.

Membersihkan ampas kopi sering membuat dapur dan meja tampak kotor apalagi jika sudah tumpah dan berhamburan. Ternyata ampas kopi yang dianggap sebagai sampah masih bisa dimanfaatkan agar menjadi lebih berguna.

Memanfaatkan ampas kopi menjadi hal lainnya sekaligus dapat menekan limbah rumah tangga yang mengotori lingkungan. Padahal masih banyak manfaat yang didapat dari ampas kopi ini.

Berikut ini 7 cara memanfaatkan ampas kopi dikutip melalui Our Endangered World:

Jangan Dibuang! Ini 7 Cara Manfaatkan Ampas Kopi yang Ramah LingkunganAmpas kopi yang sering dianggap sampah dapat dimanfaatkan menjadi pupuk tanaman di kebun halaman. Foto: Getty Images/iStockphoto/Luis Echeverri Urrea

1. Pupuk tanaman

Tak perlu langsung dibuang, ampas kopi yang tersisa dari penyeduhan kopi bisa membuat tanaman di halaman menjadi lebih subur. Ampas kopi cukup didiamkan selama 90 hingga 100 hari sebelum dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman di rumah.

Ampas kopi yang baru saja digunakan masih mengandung asam klorogenat, tanin dan kafein yang justru bisa membahayakan tanaman. Cukup tampung di dalam wadah selama kurun waktu yang ditentukan, ampas kopi siap membantu tanaman menyerap unsur hara lebih efektif.

2. Obat pengusir nyamuk

Ketika di rumah masih banyak anak kecil, menggunakan obat pengusir nyamuk dan serangga sebisa mungkin harus dikurangi. Ampas kopi menjadi salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat pengusir serangga di rumah.

Cara menggunakannya cukup dengan menyimpan ampas kopi pada mangkuk atau wadah dan letakkan di setiap sudut yang banyak didatangi nyamuk. Ampas kopi memiliki aroma yang dibenci oleh serangga, nyamuk hingga ngengat.

3. Scrub tubuh

Tidak hanya bermanfaat untuk kebun dan rumah, ampas kopi juga bisa digunakan untuk memanjakan tubuh. Serbuknya yang kasar membuat ampas kopi cocok untuk digunakan sebagai scrub alami untuk membantu merontokkan kotoran yang menempel di tubuh.

Ampas kopi bisa langsung dicampurkan dengan minyak kelapa atau madu secara lembut pada seluruh permukaan kulit tubuh. Pemanfaatan ampas kopi sebagai scrub juga telah banyak dilakukan oleh perusahaan kosmetik besar.

Tips memanfaatkan ampas kopi lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Bakso dengan Taburan Kikil Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT