Meski 'Nyempil' di Gang, 10 Kuliner Hidden Gem di Bandung Ini Jadi Incaran

ADVERTISEMENT

Meski 'Nyempil' di Gang, 10 Kuliner Hidden Gem di Bandung Ini Jadi Incaran

Cornelis Jonathan Sopamena - detikFood
Sabtu, 24 Sep 2022 15:30 WIB
Gang Nikmat
Foto: detikcom/Riska Fitria
Bandung -

Bandung menjadi 'surga kuliner' untuk para foodies. Beragam makanan enak bisa ditemukan di berbagai lokasi, termasuk di dalam gang. Berikut 10 kuliner hidden gem dalam gang di Bandung yang 'recommended'!

Tempat makan di pinggir jalan atau di lokasi strategis lainnya sudah biasa, tapi belakangan viral tempat makan di lokasi-lokasi tersembunyi atau kerap disebut 'hidden gem' di media sosial.

Hal ini lantaran suasana yang dihadirkan unik, begitupun dengan kelezatan menunya yang jadi incaran. Banyak orang akhirnya rela mencari kuliner tersembunyi di sini.

Berikut 10 kuliner 'hidden gem' dalam gang di Bandung yang jadi incaran:

1. Rumah Makan Padang Malah Dicubo

Malah DicuboJika menginginkan makan nasi padang dengan lokasi yang tidak umum, Anda wajib mencoba rumah makan padang yang satu ini. Sebab, Rumah Makan 'Malah Dicubo' yang berarti 'Silakan Dicoba' ini berlokasi di dalam area stasiun! Foto: dok. DetikFood

Jika menginginkan makan nasi padang dengan lokasi yang tidak umum, Anda wajib mencoba rumah makan padang yang satu ini. Sebab, Rumah Makan 'Malah Dicubo' yang berarti 'Silakan Dicoba' ini berlokasi di dalam area stasiun!

Menu-menu andalan khas Padang pun dapat Anda jajal di tempat ini. Namun, pemilik tempat ini menjagokan cincang, gulai kepala kakap, dan dendeng batokok.

Dengan harga yang ramah di kantong dan rasa yang nikmat, rumah makan padang ini jarang sepi walau terletak di dalam stasiun. Dalam satu hari, Malah Dicubo bisa dikunjungi 700 hingga 1000 orang!

Alamat: Jalan Stasiun Hall Selatan No. 27, Kecamatan Andir, Kota Bandung.
Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-19.30 WIB.
Kisaran Harga Menu: Rp4.000-Rp65.000

Baca Juga: Malah Dicubo: Rendang dan Dendeng Batokok Nikmat di Bandung Ini Bikin Ketagihan

2. Rumah Makan Linggarjati

Sudah berdiri sejak 1950-an, restoran yang disebut pelopor mi yamien di Bandung ini terletak di dalam sebuah gang kecil di dekat Alun-Alun Kota Bandung. Mi ala Tiongkok ini dibuat secara homemade dan dibalut dengan bumbu gurih ringan.

Dalam satu porsi mi yamien disini dapat ditemukan ayam suwir, cincangan daun bawang, dan seledri. Topping yang menjadi andalan di tempat ini adalah babat. Selain itu, terdapat pula topping pangsit dan bakso.

Meski memiliki harga yang di atas rata-rata dan berada di dalam gang, Rumah Makan Linggarjati kerap dipenuhi pecinta kuliner, terutama orang-orang yang sudah mengenal 'Mi Linggarjati' sejak dahulu kala. Usai makan semangkuk mi yang porsinya jumbo, jangan lewatkan es alpukat yang juga ternama di tempat ini.

Alamat: Jalan Balonggede No. 1, Kecamatan Regol, Kota Bandung.
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-18.30 WIB.
Kisaran Harga Menu: Rp5.000-Rp80.000

3. Lontong Kari Kebon karet

Meski 'Nyempil' di Gang, 10 Kuliner Hidden Gem di Bandung Ini Jadi IncaranTempat makan legendaris yang berdiri pada 1966 ini terletak dalam Gang Kebon Karet, Jalan Otto Iskandardinata. Foto: pergikuliner.com / Fadhlur Rohman

Menu sarapan khas Bandung yang sulit ditemukan di daerah-daerah lain ini pastinya wajib dicoba, terutama dari tempat Lontong Kari Kebon Karet yang sudah tersohor ini. Tempat makan legendaris yang berdiri pada 1966 ini terletak dalam Gang Kebon Karet, Jalan Otto Iskandardinata.

Lontong kari sendiri merupakan sebuah hidangan yang berisi lontong, daging sapi, emping, dan bawang goreng yang disiram dengan kuah kari gurih nan creamy. Tempat ini menyajikan daging sapinya tanpa lemak, tidak seperti pedagang lontong kari lainnya.

Alamat: Gang Kebon Karet No. 28/5C, Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.
Jam Operasional: Setiap hari, 06.00-18.00 WIB.
Kisaran Harga Menu: Rp6.000-Rp25.000

4. Iga Bakar Pak Sarwon

Sebelumnya berjualan di sisi Jalan Ciumbuleuit, kini Iga Bakar Pak Sarwon berjualan di rumahnya yang terletak di Gang Setiamanah. Meski berada di dalam gang kecil, lapak Pak Sarwon sering dikunjungi pembeli dan ojek online.

Selain iga bakar, Pak Sarwon juga menjual sate, sate cobek, tongseng, dan gulai. Daging ayam, kambing, dan sapi tersedia di tempat ini. Varian daging kambing dan sapi akan turut mendapat 'jando' dalam hidangannya.

Setiap harinya, Pak Sarwon bisa menghabiskan sekitar 3 kg iga sapi. Dagangannya pun seringkali ludes setiap harinya. 'Hidden Gem' yang satu ini juga kerap mengundang perhatian dan didatangi oleh YouTuber kuliner, salah satunya adalah Nex Carlos yang memberi tempat makan ini predikat 'Gak Ada Obat'.

Alamat: Gang Setiamanah No. 15, Jalan Dr. Setiabudi, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.
Jam Operasional: Selasa-Minggu, 16.00-23.00 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp5.000-Rp30.000

5. Gang Nikmat

Gang NikmatMeski terbilang sempit, Gang Nikmat memiliki tiga area terpisah yaitu indoor, outdoor, dan rooftop. Ayam gulung isi telur asin dan teri pedas honje pun menjadi menu yang diandalkan di restoran ini. Foto: detikcom/Riska Fitria

Saat ini, kawasan Jalan Cihapit dan Pasar Cihapit telah disulap menjadi distrik milenial. Salah satu kuliner yang dapat dicoba di kawasan ini adalah Gang Nikmat yang terletak di dalam sebuah gang sempit.

Jangan bingung jika mendengar fakta bahwa Gang Nikmat merupakan nama restorannya saja. Sebab, tempat tersebut terletak di Gang Masjid No. 6. Tempat yang Instagrammable dan kekinian ini tenar tidak hanya karena makanannya yang enak, tetapi juga mengusung desain yang menarik dan nyaman.

Meski terbilang sempit, Gang Nikmat memiliki tiga area terpisah yaitu indoor, outdoor, dan rooftop. Ayam gulung isi telur asin dan teri pedas honje pun menjadi menu yang diandalkan di restoran ini.

Alamat: Gang Masjid No. 6, Jalan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.
Jam Operasional: 09.00-21.00 WIB.
Kisaran Harga Menu: Rp5.000-Rp58.000

Baca Juga: Gang Nikmat: Gurih Nagih! Ayam Gulung Isi Telur Asin di dalam Gang Sempit

6. Mi Lezat Gang Luna

esuai dengan namanya, Mi Lezat Gang Luna yang legendaris ini memang dianggap lezat oleh banyak orang. Tempat makan mi yamien ala Tiongkok ini tersembunyi di Gang Luna, Jalan Sudirman.

Semangkuk mi di tempat ini dilengkapi dengan taburan daging ayam yang disuwir halus, irisan daun seledri, dan kuah bening yang terletak di mangkuk terpisah. Kendati demikian, Anda perlu memastikan kembali kehalalan menu yang dipesan. Sebab, terdapat beberapa menu yang non-halal.

Alamat: Gang Luna No. 2, Jalan Sudirman, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung.
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-21.00 WIB.
Kisaran Harga Menu: Rp6.000-Rp65.000.

7. Bakmi Feng

Meski 'Nyempil' di Gang, 10 Kuliner Hidden Gem di Bandung Ini Jadi IncaranMi ketiga yang terdapat pada daftar ini terletak tidak jauh dari Gang Nikmat. Bedanya, Bakmi Feng berlokasi di dalam Pasar Cihapit. Foto: Instagram @tokobakmifeng

Mi ketiga yang terdapat pada daftar ini terletak tidak jauh dari Gang Nikmat. Bedanya, Bakmi Feng berlokasi di dalam Pasar Cihapit.

Bakmi Feng ini menyajikan semangkuk mi yang dapat dipilih tebal atau tipis, pilihan topping daging, dan taburan kailan krispi. Pilihan daging yang disediakan di tempat ini seperti ayam chasiu, ayam jamur cincang, daging sapi bulgogi, ayam rica, dan ayam katsu.

Alamat: Pasar Cihapit, Jalan Cihapit No. 8A, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.
Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-18.00 WIB.
Kisaran Harga Menu: Rp22.000-Rp40.000

Kuliner hidden gem dalam gang di Bandung selanjutnya bisa dilihat di artikel INI.

Baca Juga: 10 Kuliner Hidden Gem di Bandung, Nikmat Meski Lokasi di Dalam Gang



Simak Video "Kelezatan Burger Cabin Style yang Gurih dan Juicy"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT