Nagita Slavina Hobi Makan Mie Bakso Ikan di Singapura, Apakah Halal?

ADVERTISEMENT

Nagita Slavina Hobi Makan Mie Bakso Ikan di Singapura, Apakah Halal?

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 24 Sep 2022 17:30 WIB
Nagita Slavina Hobi Makan Mie Bakso Ikan di Singapura, Apakah Halal?
Foto: YouTube / Rans Etertainment & Instagram @lixinfishball
Jakarta -

Setiap ke Singapura, Nagita Slavina tak bisa melewatkan makan mie bakso ikan viral kesukaannya. Namun kehalalannya masih dipertanyakan oleh netizen. Seperti apa faktanya?

Singapura memang menjadi salah satu negara dengan ragam kuliner yang menarik. Makanan yang dijual masih memiliki rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Tak heran jika banyak orang Indonesia yang suka makanan di sana.

Ada tempat makan di Singapura yang menjadi sangat viral karena merupakan makanan kesukaan Nagita Slavina. Namanya Li Xin Teochew Fishball Noodles yang menjual mee pok dengan topping bakso ikan kenyal.

Nagita Slavina Hobi Makan Mie Bakso Ikan di Singapura, Apakah Halal?Ada tempat makan di Singapura yang menjadi sangat viral karena merupakan makanan kesukaan Nagita Slavina. Namanya Li Xin Teochew Fishball Noodles yang menjual mee pok dengan topping bakso ikan kenyal. Foto: YouTube / Rans Entertainment

Gerai Li Xin Teochew Fishball Noodles ada di beberapa tempat, tetapi yang paling populer dan sering dikunjungi oleh Nagita Slavina terletak di food court ION Orchard, Singapura. Namun, kehalalan dari mee pok bakso ikan ini masih menjadi misteri.

Selain Nagita Slavina, banyak juga artis yang pergi makan ke tempat itu. Belum lama ini, artis Agatha Pricilla dan Febby Rastanty juga makan mie bakso ikan ini dan mengabadikan momen mereka di YouTube.

Mereka mengungkap bahwa mie bakso ikan itu merupakan makanan yang sangat nyaman, sekaligus harganya terjangkau. Makanan ini sering menjadi menu andalan mahasiswa di Singapura.

Namun ada klip video yang justru menimbulkan pertanyaan dari para netizen. Pasalnya, Agatha Pricilla dan Febby Rastanty mengungkap bahwa gerai mie bakso ikan itu sudah terbukti halal. "Ini emang makanan yang nyaman banget. Kuahnya juga super duper nyaman," pungkas Pricilla.

Febby Rastanty pun mengungkap kalau ini halal. Pricilla pun mengatakan, "Halal. Katanya sempet ada rumor-rumor kalau dia gak halal. Tapi udah dibuktikan kalau halal," lanjutnya.

Hal ini lantas membuat banyak netizen bertanya apakah hidangan tersebut benar halal? Hal ini lantaran ada banyak penjelasan yang simpang siur mengenai ke-halal an dari makanan yang dijual oleh Li Xin Teochew Fishball Noodles.

Nagita Slavina Hobi Makan Mie Bakso Ikan di Singapura, Apakah Halal?Sebagian netizen semakin tidak yakin karena Pricilla menunjukkan ada potongan lemak yang diduga lemak babi. Foto: YouTube / Febby Rastanty

Sebagian netizen semakin tidak yakin karena Pricilla menunjukkan ada potongan lemak yang diduga lemak babi. Namun Pricilla mengungkap itu adalah lemak sapi. "Nah ini tuh disini kayak ada semacam kulit gitu loh. Lemak-lemak sapi gitu deh kayaknya," kata Pricilla.

Video YouTube ini diunggah ulang di TikTok oleh akun @lynaafong_. Semakin banyak netizen yang menduga jika makanan itu tidak halal.

Seperti netizen yang mengungkap, "Guys yang semacam kulit itu lemak babi ya, di SG banyak banget makanan yang pake itu," "Banyak yang bilang itu gak halal," "Setahuku kalau foodcourt campur gitu versi halal biasanya mangkok piring warna hijau," pungkas netizen lain.

Sementara itu, ada juga netizen yang memang merupakan pelajar di sana mencoba untuk menjelaskan bahwa kedai LiXin di tempat yang sering dikunjungi artis ini halal. "Kalau Lixin yang ini halal. Bisa dicek di website mereka karena mereka itu franchise dan sudah sertifikasi halal," ujarnya.

Untuk menjawab kebingungan netizen, tim detikfood mencoba menghubungi restoran via Instagram resmi Li Xin Teochew Fishball Noodles @lixinfisball (23/09/2022). Pihak restoran pun menjawab bahwa Lixin merupakan restoran tidak halal.

Nagita Slavina Hobi Makan Mie Bakso Ikan di Singapura, Apakah Halal?Pihak restoran pun menjawab bahwa Lixin merupakan restoran tidak halal. Foto: Instagram @lixinfishball

Sementara untuk topping bakso ikan, fishcake, sambal, dan mie memang tidak mengandung babi. Tetapi memang ada beberapa dari pengunjung yang sering meminta menu mie bakso ikan untuk tidak dikasih minyak atau lemak babi dalam campurannya.

"Hi, Lixin adalah restoran tidak halal. Tetapi kami tahu bahwa ada beberapa pelanggan yang meminta untuk tidak dipakaikan minyak atau lemak babi. Tapi bakso ikan, fishcake, sambal dan mie tidak mengandung babi sama sekali," ujar mereka.

Detikfood juga sudah mengkonfirmasi bahwa restoran Li Xin Teochew Fishball Noodles yang berada di ION Orchard pun termasuk gerai yang tidak halal.

Sebagai alternatif, bagi mereka yang memang ingin makan mie bakso ikan dengan kehalalan yang terpercaya, bisa mengunjungi gerai bernama Bounce Fishball yang merupakan sister brand dari Li Xin Teochew Fishball Noodles. Gerai ini pun sudah mendapatkan sertifikasi halal sehingga aman dikonsumsi muslim.



Simak Video "Langkah Nagita Slavina Bantu UMKM Makanan Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT