ADVERTISEMENT

Slurpp! Udon Hitam Mirip Sabuk Karate Ini Dipadu Kuah Kari

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 22 Sep 2022 13:03 WIB
Udon unik seperti sabuk hitam karate
Foto: sora news
Jakarta -

Udon biasanya berbentuk silinder dan warnanya putih karena terbuat dari tepung terigu. Namun, udon ini cukup unik karena berwarna hitam layaknya sabuk karate.

Udon merupakan makanan khas Jepang berupa mie yang terbuat dari tepung terigu, air, dan garam. Ukurannya agak besar dan teksturnya lebih licin dari mie biasa.

Udon menjadi hidangan yang tak kalah populer dari ramen. Untuk menikmatinya, biasa disajikan dengan kuah kaldu bening maupun kari.

Dilansir dari Sora News (15/9), ada udon unik yang penampilannya sangat berbeda dari biasanya. Umumnya udon berwarna putih dengan bentuk silinder agak besar.

Namun, restoran udon di Jepang ini menawarkan varian udon yang lebar. Hal yang membuat semakin menarik perhatian adalah karena warnanya hitam.

Baca Juga: Resep Bakso Rambutan Goreng yang Renyah Gurih Nampol

Udon unik seperti sabuk hitam karateUdon unik seperti sabuk hitam karate Foto: sora news

Udon berwarna hitam yang bentuknya lebar ini dapat ditemukan di restoran bernama Tanumaya yang berlokasi di Kiryu, Prefektur Gunma, Jepang. Restorannya tampak berkonsep klasik dengan nuansa rustik.

Menu udon yang menarik perhatian itu bernama 'Kuro-obi' atau 'sabuk hitam' udon. Harga udon ini dibanderol 950 yen (Rp 99 ribu) per porsi.

Udon berwarna hitam ini dapat dinikmati dengan pilihan kaldu panas atau dingin. Penyajian yang dingin kuah kaldunya dari bahan dasar susu kacang kedelai.

Baca Juga: 9 Cara Mengusir Kecoa Secara Alami, Cuma Pakai Bumbu Dapur

Udon unik seperti sabuk hitam karateUdon unik seperti sabuk hitam karate Foto: sora news

Udon sabuk hitam ini benar-benar memiliki penampilan yang mirip. Warna hitamnya tampak begitu pekat berasal dari penggunaan arang bambu atau charcoal.

Karena ukuran udon yang sangat panjang, membuat hidangan ini sulit untuk diseruput. Lebih mudah jika udon dilipat di sekitar sumpit sebelum menggigitnya.

Selain bisa dinikmati dengan kuah kaldu dari susu kacang kedelai, udon sabuk hitam ini juga enak ditambahkan kuah kari. Sensasinya jadi terasa nikmat ketika kaldu susu kacang kedelai yang agak manis ini bertemu dengan kari yang gurih agak pedas.

Baca Juga: Resep Pembaca: Resep Udon Sapi Rumahan yang Manis Gurih



Simak Video "Bikin Laper: Oishii! Tekka Don hingga Okonomiyaki"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT