ADVERTISEMENT

5 Tips Ampuh untuk Membuat Kotak Makan Anak Bebas Bau dan Noda

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 21 Sep 2022 08:00 WIB
5 Lunch Box Sultan, Harganya Ada yang Hampir 5 Juta di Indonesia
Foto: Istimewa
Jakarta -

Bekal anak biasanya dimasukkan ke dalam kotak makan. Tetapi ada beberapa makanan yang akan meninggalkan bau dan kotor. Untuk menghindarinya, lakukan 5 cara ini.

Banyak orang tua memilih membawakan anaknya bekal sekolah. Hal ini dilakukan agar anak bisa mengonsumsi makanan rumahan yang bersih dan bergizi.

Mungkin bekal yang dibawakan oleh orang tua hanya makanan-makanan sederhana, tetapi tak menutup kemungkinan bahwa bau dari makanan bisa menempel di kotak makan anak.

Ada juga beberapa makanan yang bisa meninggalkan sisa kotoran yang sulit dihilangkan seperti makanan berminyak atau beberapa remahan makanan.

Agar kotak makan anak menjadi bersih kembali dan tidak meninggalkan bau tak sedap, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Merangkum thekitchn.com (06/09/2021), berikut 5 tips untuk menjaga agar kotak makan anak terhindar dari bau tak sedap dan kotoran.

1. Gunakan Cuka

cuka putihJika sabun pencuci piring tidak ampuh untuk menghilangkan bau makanan pada kotak bekal anak, kamu bisa mencoba menghilangkannya dengan menggunakan kekuatan cuka. Foto: iStock

Jika sabun pencuci piring tidak ampuh untuk menghilangkan bau makanan pada kotak bekal anak, kamu bisa mencoba menghilangkannya dengan menggunakan kekuatan cuka.

Cuka yang dibutuhkan adalah cuka putih dengan kandungan asam asetat, yang akan membantu menghilangkan bau dengan membunuh bakteri penyebab bau tak sedap.

Ambil handuk, kemudian basahi dengan campuran air dan cuka, kemudian tempatkan di dalam kotak makan. Diamkan handuk selama beberapa jam, lalu bilas hingga bersih dan keringkan.

2. Memasukkan Kotak Makan ke Freezer

Cara ini dikenal cukup ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap dari kotak makan. Jika kotak masih meninggalkan bau, kamu bisa memanfaatkan suhu dingin dari freezer.

Freezer dapat menghilangkan bau menyengat yang sulit untuk hilang. Caranya mudah, hanya perlu membuka kotak makan yang sudah dicuci, kemudian dimasukkan ke dalam freezer dan tunggu semalaman.

3. Melawan Noda Membandel dengan Soda Kue

5 Tips Ampuh untuk Membuat Kotak Makan Anak Bebas Bau dan Noda.Soda kue atau baking soda dikenal ampuh menghilangkan noda atau kotoran membandel. Foto: Getty Images

Soda kue atau baking soda dikenal ampuh menghilangkan noda atau kotoran membandel. Salah satunya, bisa menghilangkan noda atau kotoran yang tertinggal dalam kotak makan.

Cukup dengan mencampurkan 1 sendok teh soda kue dengan sedikit air, kemudian aduk hingga merata.

Campuran tersebut bisa dioleskan pada noda dan dibiarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelahnya, kotak makan dibersihkan dengan handuk basah.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT