Agar Tak Cepat Tumpul, 4 Cara Mencuci Pisau Ini Bisa Dicontek

ADVERTISEMENT

Agar Tak Cepat Tumpul, 4 Cara Mencuci Pisau Ini Bisa Dicontek

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 07 Sep 2022 13:30 WIB
Agar Tak Cepat Tumpul, 4 Cara Mencuci Pisau Ini Bisa Dicontek
Foto: Getty Images/iStockphoto/j_markow
Jakarta -

Pisau menjadi penunjang penting dalam segala kegiatan memasak. Ternyata untuk mencucinya ada trik khusus agar mata pisau tidak cepat tumpul.

Tanpa pisau kegiatan memasak hampir mustahil untuk dilakukan. Pisau yang tajam memiliki peran yang sangat penting pada setiap dapur. Baik rumah tangga maupun di restoran.

Tetapi untuk menjaga mata pisau agar tetap tajam bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih ketika tidak memiliki pengasah pisau di rumah akan lebih merepotkan lagi.

Menjaga mata pisau agar selalu tajam ternyata ada tips dan trik yang bisa dilakukan. Penanganan yang tepat dari sejak setelah dipakai dan membersihkannya perlu dilakukan dengan sempurna agar mata pisau tidak cepat tumpul.

Berikut ini 4 trik membersihkan pisau agar tidak cepat tumpul menurut berbagai sumber:

Agar Tak Cepat Tumpul, 4 Cara Mencuci Pisau Ini Bisa DicontekPisau cukup dicuci lembut menggunakan tangan dengan spons. Foto: Getty Images/iStockphoto/j_markow

1. Cuci dengan tangan

Jika sudah selesai memasak, sebaiknya segera mencuci pisau. Cara ini bertujuan untuk mencegah kotoran menempel lebih lama dan mempengaruhi mata pisau yang tajam.

Cara terbaik untuk mencuci pisau adalah menggunakan tangan dan spons serta sabun cuci piring. Bagian permukaan pisau harus dicuci dengan bahan yang halus agar tidak merusak lapisannya.

Tidak perlu sabun khusus, pisau hanya butuh dicuci dengan sabun cuci piring biasa. Selain itu jika banyak lemak menempel pada pisau bisa juga mencucinya dengan air hangat.

2. Jangan menggosok mata pisau

Ketika mencuci pisau menggunakan tangan degan spons, sebaiknya jangan menggosok mata pisau. Gosok perlahan pisau melalui bagian atasnya yang tumpul.

Menggosok pisau pada bagian mata pisau yang tajam dapat membuat tangan terluka. Selain itu menggosok mata pisau juga dapat mengurangi ketajaman pada pisau sehingga akan membuatnya cepat tumpul.

Bagian mata pisau juga bisa saja dicuci hanya saja harus melalui bagian belakang atau atasnya. Jika ada sisa makanan yang menempel pada mata pisau harus segera dibersihkan dengan hati-hati.

Baca juga: Waduh! Pegawai Restoran Pukul Pelanggan Gegara Pesanan Tak Masuk Akal

Tips menjaga ketajaman pisau lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT