ADVERTISEMENT

Cicip Soto Betawi, Chef Bule Ini Terpikat dengan Rasanya!

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 19 Sep 2022 10:00 WIB
Cicip Soto Betawi, Chef Bule Ini Terpikat dengan Rasanya!
Foto: YouTube / Yuni Leisure
Jakarta -

Soto Betawi jadi salah satu makanan khas Betawi yang disukai banyak orang. Ternyata soto inipun disukai juga oleh para bule, termasuk chef profesional ini.

Soto Betawi adalah makanan khas Jakarta berupa soto dengan kuah santan dan terkadang ada yang menambahkan susu. Kuah soto Betawi inilah yang menjadi ciri khas sekaligus bagian yang disukai banyak orang.

Seorang Youtuber asal Indonesia bernama Yuni, dalam akun YouTube Yuni Leisure, membagikan video ketika dia memasak makanan Indonesia untuk dibagikan kepada para teman bule-nya.

Saat ini Yuni memang tinggal di negara Inggris. Ia pun sering memasak hidangan Indonesia untuk diperkenalkan kepada teman-teman bule yang ada di area rumahnya. Dalam video terbaru, Yuni berkesempatan untuk memasak soto betawi khas DKI Jakarta itu.

Yuni memulainya dengan menunjukkan cara masak soto betawi. Bahan yang perlu disiapkan antara lain; daging, jahe, lengkuas, kembang lawing, kapu laga, jinten, kunyit, cengkeh, kayu manis, sereh, dan beberapa dedaunan.

Wanita asal Indonesia ini mulai memasak beberapa bumbu hingga merebus daging dan campuran bumbu tersebut. Setelahnya, Yuni tak lupa menambahkan susu dan santan yang menjadi ciri khasnya.

Cicip Soto Betawi, Chef Bule Ini Terpikat dengan Rasanya!Wanita asal Indonesia ini mulai memasak beberapa bumbu hingga merebus daging dan campuran bumbu tersebut. Setelahnya, Yuni tak lupa menambahkan susu dan santan yang menjadi ciri khasnya. Foto: YouTube / Yuni Leisure

Yuni dengan niat menyiapkan banyak mangkuk yang sudah diisi tomat, potongan kentang, dan daging, lengkap dengan kuah santan susunya.

Beberapa teman bulenya datang menghampiri. Ada salah satu bule perempuan yang cukup penasaran dengan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat soto tersebut.

Bule bernama Helen pun sangat menyukainya. Ia mengungkap, "Sangat enak, aku selalu suka makanan Indonesia," Menurut Helen, soto Betawi ini cocok disantap ketika musim dingin.

Cicip Soto Betawi, Chef Bule Ini Terpikat dengan Rasanya!Bule bernama Helen pun sangat menyukainya. Ia mengungkap, "Sangat enak, aku selalu suka makanan Indonesia," Menurut Helen, soto Betawi ini cocok disantap ketika musim dingin. Foto: YouTube / Yuni Leisure

Sementara ada juga seorang chef profesional asal Brazil yang awalnya cukup ragu-ragu mencicipi soto betawi buatan Yuni.

Chef tersebut awalnya mengira Yuni membuka sebuah restoran. Namun wanita ini mengungkap dirinya hanya menjalankan YouTube. Dan semua resep, cara masak, akan ditampilkan pada video sehingga ia bisa melihatnya.

Memang awalnya chef ini ragu-ragu, tetapi ketika mencium aroma yang kuat dan mendengar komentar positif dari bule lain, ia pun langsung mengambil satu porsi mangkuk soto Betawi itu.

Sebagai seorang chef, Matthew akan mengatakan secara jujur mengenai rasa soto betawi itu.

Dalam suapan pertama, chef Matthew langsung komentar, "Wow ini sangat enak." Yuni pun meminta chef ini untuk menebak bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kuah soto itu.

Chef tersebut menebak jika kuahnya terbuat dari saffron. Sementara chef Matthew juga banyak bertanya mengenai bahan-bahan yang digunakan untuk membuat soto ini.

Tampaknya, soto Betawi telah membuat chef ini terpana. Ia pun mengungkapkan kembali, "Ini sangat-sangat enak," "Aku tidak bisa berkata-kata, karena ini sungguh sangat enak. Rasanya tidak terlalu kurang, tidak terlalu berlebihan juga."

Cicip Soto Betawi, Chef Bule Ini Terpikat dengan Rasanya!Ketika satu mangkuk sudah dihabiskan, chef ini berujar, "Sebagai seorang chef, aku bisa katakan ini luar biasa." Foto: YouTube / Yuni Leisure

Ketika satu mangkuk sudah dihabiskan, chef ini berujar, "Sebagai seorang chef, aku bisa katakan ini luar biasa."

Yuni pun sangat senang dan merasa terhormat karena chef yang biasa memasak makanan Italia dan Prancis ini bisa memuji kelezatan soto Betawi buatannya.



Simak Video "Bikin Laper: Soto Betawi Mpok Rodemah Enak Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT