Lagi Hits! Spot Kuliner Korea Bertema Kafe Estetik hingga Pojangmacha

ADVERTISEMENT

Spot Kuliner Korea

Lagi Hits! Spot Kuliner Korea Bertema Kafe Estetik hingga Pojangmacha

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 06 Sep 2022 16:30 WIB
Fakta pojangmacha, warung tenda tempat nongkrong orang korea yang sajikan sohu hingga tteokbokki
Foto: 10mag, alchetron, take-kr, iStock
Jakarta -

Orang Indonesia banyak yang sudah familiar dengan cita rasa makanan Korea. Kini untuk menikmatinya, hadir berbagai spot kuliner Korea menarik. Ada yang bentuknya food court, kafe estetik, hingga pojangmacha!

Budaya Korea Selatan, baik drama, musik, maupun kulinernya, masih digandrungi orang Indonesia hingga kini. Bahkan jumlah penggemarnya semakin banyak.

Hal ini terlihat dari banyaknya gerai dan spot untuk menikmati makanan Korea di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Mencicipi tteokbokki, corn dog, jajangmyeon, hingga ramyeon pun kini bukan perkara sulit.

Mengutip survei yang dilakukan Snapcart Global (4/2/2022), terungkap bahwa 85% orang Indonesia menikmati apapun bentuk budaya dan hiburan asal Korea Selatan. Jumlahnya lebih banyak pada perempuan.

Ada 5 bentuk budaya dan hiburan Korea yang mereka sukai. Kelimanya adalah serial TV atau drama (69%), musik (59%), makanan atau minuman (51%), film (48%), dan figur idola atau tokoh terkenal (45%).

Lagi Hits! Spot Kuliner Korea Bertema Kafe Estetik hingga PojangmachaAneka makanan khas Korea yang tersaji di Iruum Foodcourt Foto: Instagram iruum_complex

Sementara itu, data Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, Badan Promosi Kebudayaan Internasional Korea Research Factory Co., Ltd. tahun 2017 mengungkap sisi lain kepopuleran makanan Korea di Indonesia.

Makanan Korea ada pada posisi nomor 3 daftar popularitas konten Korea di Indonesia. Sebanyak 52,5% responden merasa makanan Korea begitu populer di tanah air.

Makanan Korea sejatinya sudah lama ditawarkan di Indonesia, khususnya Jakarta. Beberapa kawasan di Jakarta Selatan dan Utara bahkan terkenal sebagai spot populer restoran Korea.

Sebut saja kawasan Wolter Monginsidi, Senopati, hingga Kelapa Gading yang dipadati banyak restoran khas negeri ginseng. Ada yang spesialis menu Korean BBQ, ayam goreng Korea, ataupun mie Korea.

Lalu muncul juga supermarket yang khusus menawarkan barang dan bahan makanan Korea Selatan. Di supermarket ini juga biasanya ada food court yang menjual makanan khas Korea matang.

Viral di Medsos, Supermarket Korea Ini Punya Produk Makanan Super KompletSupermarket Korea GS The Fresh di kawasan Mampang menawarkan aneka makanan impor Korea Selatan. Foto: detikfood

Misalnya K-Mart atau Mu Gung Hwa yang populer di kalangan netizen. Mereka membagikan informasi soal keistimewaan supermarket khas Korea Selatan ini.

Kini kuliner Korea ditawarkan dengan cara lebih menarik lagi. Bentuknya bukan sekadar restoran biasa, melainkan food court, kafe estetik, hingga pojangmacha.

Iruum Foodcourt di kawasan Gading Serpong, misalnya, belakangan jadi tren di pencinta kuliner Korea. Di sini pengunjung bisa mencicipi ragam makanan Korea dalam suasana food court layaknya yang kerap terlihat dalam adegan drama Korea (drakor)

Lalu di beberapa kota besar lain seperti Bandung dan Malang, belakangan menjamur kafe Korea estetik. Mereka menghadirkan 'vibes' minimalis dan cozy layaknya kafe di sana.

Ada juga kafe yang mengusung tema idola Korea Selatan sehingga pengunjung bisa merasa lebih dekat dengan idolanya. Kebanyakan berasal dari boy group atau girl group populer.

Lagi Hits! Spot Kuliner Korea Bertema Kafe Estetik hingga PojangmachaNolda Pocha di Bintaro tawarkan suasana khas pojangmacha. Foto: Instagram diarycoffeejkt

Terbaru, muncul juga spot kuliner Korea berupa pojangmacha yaitu tenda atau kios khas kuliner kaki lima Korea. Menu yang umum ditawarkan antara lain kimbap, tteokbokki, odeng, hingga hotteok.

Seperti halnya Nolda Pocha yang ada di kawasan Bintaro. Di tempat ini, foodies penggemar makanan Korea bisa menjajal banyak menu favoritnya dalam balutan suasana istimewa, persis seperti di negara asalnya.

Semua hal menarik soal food spot Korea kekinian ini bakal dibahas dalam ulasan detikfood pekan ini. Simak terus artikel-artikel informatif yang bakal kami bagikan ya!



Simak Video "Makan di Warung Tenda Nolda Pocha Berasa Jadi Peran Drakor"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT