Jadi Sorotan! Kafe Ini Patok Biaya Pakai Toilet Lebih Mahal dari Harga Menu

ADVERTISEMENT

Jadi Sorotan! Kafe Ini Patok Biaya Pakai Toilet Lebih Mahal dari Harga Menu

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 06 Sep 2022 16:00 WIB
Jadi Sorotan! Kafe Ini Patok Biaya Pakai Toilet Lebih Mahal dari Harga Menu.
Foto: Twitter @Jpdardon
Jakarta -

Kafe di Guatemala ini memiliki peraturan cukup aneh. Selain menagih biaya pelayanan makanan, pihaknya juga mematok biaya ke pelanggan yang pakai toilet.

Setiap kafe atau restoran memang memiliki peraturannya masing-masing. Biasanya peraturan yang diberlakukan sebatas tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar atau peraturan seperti menggunakan pakaian rapi.

Namun belum lama ini, ada sebuah kafe dengan peraturan yang telah membuat netizen cukup terkejut. Melansir unilad.com (01/09), pelanggan bernama Nelsy Cordova membuat unggahan mengenai tagihan biaya yang ia terima dari salah satu kafe, La Esquina Coffeshop yang terletak di Quetzaltenango, Guatemala.

Dalam tagihan itu, dapat dilihat bahwa pelanggan ini hanya memesan Gaseosa en lata atau semacam minuman bersoda seharga Q 8.00 atau sekitar Rp 15.000 dan satu porsi Papas con queso yaitu camilan olahan kentang seharga Q 20.00 setara dengan Rp 38 ribuan.

Sementara ada salah satu tagihan yang cukup mengejutkan. Dalam bon tersebut, ternyata kafe ini pun mengenakan biaya atas 'Occupational Space' karena pelanggan ini telah menggunakan kamar mandi di kafe tersebut.

Bahkan biaya kamar mandi dikenakan Q 25.00 sekitar Rp 48 ribu, lebih mahal dari harga menu makanan dan minuman.

Karena ada tagihan yang tidak jelas itu, akhirnya Nelsy terpaksa harus membayar sejumlah Q 58.30 beserta pajak atau setara dengan Rp 112.000.

Jadi Sorotan! Kafe Ini Patok Biaya Pakai Toilet Lebih Mahal dari Harga Menu.Jadi Sorotan! Kafe Ini Patok Biaya Pakai Toilet Lebih Mahal dari Harga Menu. Foto: Twitter @Jpdardon

Melihat unggahan Nelsy, banyak netizen yang ikut terkejut dengan tagihan biaya kamar mandi di kafe tersebut.

Seorang netizen berpikir mungkin tagihan itu dikenakan karena kafenya sangat sepi. "Aku pernah datang ke sana. Aku harus bilang bahwa kafenya sangat sepi. Aku penasaran apakah karena hal ini."

Sementara netizen lain turut prihatin dengan kondisi kafe tersebut. Memang mungkin kafe ini berusaha bertahan di tengah kesulitan pandemi, namun sepertinya hal ini tidak perlu dilakukan.

Jadi Sorotan! Kafe Ini Patok Biaya Pakai Toilet Lebih Mahal dari Harga Menu.Sementara netizen lain turut prihatin dengan kondisi kafe tersebut. Memang mungkin kafe ini berusaha bertahan di tengah kesulitan pandemi, namun sepertinya hal ini tidak perlu dilakukan. Foto: Twitter @Jpdardon


"Saya bersimpati dengan sebuah restoran yang mencoba bertahan dari pandemi dan mengambil ruang dari seorang pelanggan yang datang untuk makan keripik dan minuman cola," ucap netizen itu.

Setelah melihat komplain pelanggan, beruntungnya pihak kafe dengan cepat menanggapi reaksi tersebut. Pihak kafe mengatakan mereka menyesali insiden ini dan telah memperbaikinya dalam sistem mereka.

"Kami menyesali insiden yang terjadi, itu adalah kesalahan serius dan sangat tidak sengaja, yang telah kami perbaiki dalam sistem," ungkap pihak kafe.

La Esquina Coffeshop juga sudah mencoba menghubungi pelanggan yang terkena dampak. Mereka berniat melakukan pengembalian dana dan mengkompensasi segala kekacauan yang disebabkan.

Ternyata sebelumnya, pihak kafe sudah memberi tahu pelanggan bahwa konsumsi minimum di kafe itu adalah Q 25.00 atau Rp 48 ribu. Kafe itu juga mengakui bahwa pelanggan tidak pernah menyatakan bahwa dia tidak setuju dengan jumlah yang harus dibayar.



Simak Video "Suasana Kafe Bernuansa Piala Dunia di Pinrang"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT