ADVERTISEMENT

Netizen Kaget Lihat Bule Beli Ikan Tuna Bakar di Bali, Cuma Rp 30 Ribu!

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 27 Agu 2022 19:00 WIB
Netizen Kaget Lihat Bule Beli Ikan Tuna Bakar di Bali, Cuma Rp 30 Ribu!
Foto: TikTok @timo.travel
Jakarta -

Seorang bule membagikan momen makan ikan bakar di salah satu warung di Bali. Harga ikan bakar yang dibelinya mengejutkan netizen karena hanya Rp 30 ribu!

Bali menjadi salah satu destinasi yang banyak digemari oleh wisatawan asing. Ternyata para wisatawan sehari-harinya juga suka mencicipi berbagai kuliner khas Indonesia. Salah satunya TikToker asal Jerman ini.

Timo memang dikenal suka mencicipi berbagai makanan di Indonesia, mulai dari air kelapa, mangga, hingga terbaru dia mencicipi ikan bakar di warung pinggir jalan.

Dalam akun @timo.travel, terlihat Timo sedang berjalan dan berhenti di salah satu warung makan yang menarik perhatiannya. Pada warung tersebut, ada beberapa macam ikan berukuran cukup besar yang sedang dibakar oleh pemilik warung.

Melihat ikan tersebut, Timo berhenti lalu bertanya mengenai harga untuk jenis ikan besar itu. Penjual ikan ini pun menjawabnya.

Ia menjual ikan salmon dan tuna yang sudah dibakar. Sementara untuk masing-masing harganya hanya dibanderol Rp 30 ribu saja.

Netizen Kaget Lihat Bule Beli Ikan Tuna Bakar di Bali, Cuma Rp 30 Ribu!Ia menjual ikan salmon dan tuna yang sudah dibakar. Sementara untuk masing-masing harganya hanya dibanderol Rp 30 ribu saja. Foto: TikTok @timo.travel

Unggahan video ini pun diberi keterangan oleh Timo, "Ini terlihat cukup murah untuk seekor ikan."

Melihat ikan bakar yang besar dan murah, Timo pun langsung memilih ikan yang ada di paling pinggir. Ikan ini disebut penjual merupakan salmon.

Penjual di warung makan pinggir jalan itu lantas bergegas menyiapkan ikan bakar. Ia membungkusnya dengan kertas cokelat yang dilengkapi sambal.

Timo pun menyantap ikan pilihannya tanpa menggunakan tambahan nasi. Sepertinya bule satu ini cukup lapar, karena dalam video terlihat ikan berukuran besar itu sudah habis setengahnya.

Netizen Kaget Lihat Bule Beli Ikan Tuna Bakar di Bali, Cuma Rp 30 Ribu!Setelah selesai menyantap ikan, Timo tak lupa untuk membayar. Ada hal yang cukup mengejutkan. Timo benar-benar hanya ditagih sebesar Rp 30 ribu saja. Foto: TikTok @timo.travel

Timo memberi nilain untuk rasa ikan bakar pada warung ini sebesar 7/10. Setelah selesai menyantap ikan, Timo tak lupa untuk membayar. Ada hal yang cukup mengejutkan. Timo benar-benar hanya ditagih sebesar Rp 30 ribu saja.

Video unggahan milik Timo ini pun berhasil membuat kaget banyak netizen Indonesia. Video tersebut bahkan telah menembus 1.1 juta penonton.

Mungkin netizen tak mempermasalahkan ikan bakar yang dimakan oleh turis ini, tetapi hal yang dipertanyakan oleh netizen Indonesia adalah jenis ikan mahal yang dijual dengan harga yang sangat murah.

Pasalnya, penjual ini memang mengatakan bahwa ikan tersebut berjenis tuna dan salmon dengan harga jualnya yang hanya Rp 30 ribu saja.

Mengetahui hal ini, lantas netizen pun bertanya-tanya apakah benar ikan jenis itu hanya dijual dengan harga yang murah. Pasalnya ikan salmon dan tuna terkenal mahal.

Sebagai perbandingan, restoran Sun Seafood menjual ikan tuna bakar dengan harga Rp 75 ribu. Bahkan Gwud Brownie juga menjual ikan bakar tuna dengan ukuran kurang lebih 1 kg yang dihargai Rp 125.000.

Sementara melalui akun YouTube Airlangga YT, salah satu warung makan terlihat menawarkan ikan bakar salmon yang dibanderol dengan harga Rp 100 ribu per 1 kilogramnya.

Harga yang biasa dijual di pasaran memang sangat berbeda jauh dengan harga yang yang dibeli oleh bule Jerman ini.

Netizen Kaget Lihat Bule Beli Ikan Tuna Bakar di Bali, Cuma Rp 30 Ribu!Beberapa netizen pun turut iri dengan ikan yang dimakan oleh pria bule tersebut. "Kok murah banget? Disini 50k ikan segitu," pungkas netizen. "30k dibakar gitu??? di sini harga ikan bakar segede itu bisa 90/100k," komentar netizen lain. Foto: TikTok @timo.travel

Beberapa netizen pun turut iri dengan ikan yang dimakan oleh pria bule tersebut. "Kok murah banget? Disini 50k ikan segitu," pungkas netizen. "30k dibakar gitu??? di sini harga ikan bakar segede itu bisa 90/100k," komentar netizen lain.

Tak sedikit pula netizen yang curiga sebenarnya ikan yang penjual maksud bukanlah ikan salmon atau tuna, melainkan salem dan cakalang.

"Bapaknya bilang salmon mungkin maksudnya salem kali ya," tulis seorang netizen. Ada juga yang komentar, "Beneran salmon sama tuna kah itu?" tulisnya.

Menanggapi kebingungan netizen, ada juga mereka yang menduga bahwa ikan tersebut tampaknya adalah ikan salem atau ikan salmon berdaging putih. Sementara ikan tuna itu maksudnya adalah ikan cakalang.

"Di Bali itu ada namanya ikan salmon tapi dagingnya putih bukan salmon impor yang dagingnya pink," pungkas netizen.

Sementara untuk persoalan ikan tuna, ikan cakalang yang dijual oleh penjual ini memang tergolong dalam jenis ikan tuna, tetapi dengan jenis yang lebih spesifik yaitu skipjack tuna atau lebih dikenal dengan ikan cakalang. Bisa dibilang sang penjual tidak membohongi bule ini.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Pedas Ikan Bakar Donggala"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT