ADVERTISEMENT

Mau Bikin Ramen di Rumah? Begini Cara Pilih Jenis Mie yang Pas

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 05 Sep 2022 10:30 WIB
cara pilih mie untuk bikin ramen di rumah
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ramen bisa dinikmati di restoran maupun diolah dari produk instan. Kalau ingin membuat ramen sendiri di rumah, berikut cara memilih mie yang tepat agar rasanya enak.

Ramen merupakan hidangan khas Jepang berbahan dasar mie yang disajikan dengan kuah kaldu dan aneka topping. Dilansir dari Tasting Table (19/8), mie yang digunakan untuk ramen harus tepat.

Kalau asal memilih jenis mie, pasti rasanya tak akan lezat. Lantas, bagaimana cara memilih mie untuk membuat ramen di rumah?

Jika ramen instan telah memiliki mie dan tipe kuah yang sesuai, berbeda jika kamu membuat ramen dari awal. Karena ketebalan mie saja bisa menentukan kenikmatan ramen.

Baca Juga: Kisah Haru Penjual Roti Canai Kehilangan Satu Tangan Seminggu Sebelum Menikah

cara pilih mie untuk bikin ramen di rumahcara pilih mie untuk bikin ramen di rumah Foto: Getty Images/iStockphoto

Mie yang sangat tipis akan mengubah ramen buatanmu menjadi resep sup pho. Sedangkan kalau kamu menggunakan mie yang tebal, maka bisa saja resep ramen berubah menjadi semangkuk lezat udon.

Chef Aaron Israel dan chef Sawako Okochi, salah satu penulis buku masak "Love Japan" dan salah satu pemilik Shalom Japan, memiliki tips memilih mie untuk ramen.

Untuk memilih mie terbaik untuk ramen, Israel dan Okochi menyarankan untuk menganggap mie sebagai wadah untuk kuah kaldu. Jika menggunakan kuah kaldu kental seperti kari, maka pilih mie yang agak tebal.

Baca Juga: Jualan Depan Kuburan, Bakso Gerobakan Viral Ini Sehari Jual 500 Porsi

cara pilih mie untuk bikin ramen di rumahcara pilih mie untuk bikin ramen di rumah Foto: Getty Images/iStockphoto

Sebaliknya, jika kamu menggunakan kaldu ramen yang agak cair seperti kaldu ayam atau shoyu, pilih mie yang tipis. Sesuaikan selera mie tipis lurus atau yang keriting dengan tekstur agak kenyal.

Shio dan shoyu adalah kaldu ramen yang umum. Shio terbuat dari tulang ayam atau babi yang direndam, dan biasanya menghasilkan warna semi-bening. Shoyu memiliki bahan dasar kecap, menambahkan rasa umami yang lebih dimensional pada resep.

Untuk kedua jenis kaldu ini cocok dipasangkan dengan mie soba. Mie soba terbuat dari tepung soba dan sangat cocok dipadukan dengan kaldu ringan.

Kalau kamu menggunakan kaldu miso ramen yang memiliki tekstur seperti selai kacang, menjadikannya pasangan yang sempurna untuk chukamen. Mie Chukamen adalah sejenis mi berbahan dasar telur, biasanya berbentuk panjang dan silindris. Ukuran Chukamen yang lebih tebal membuatnya cocok untuk kuah kental seperti tonkotsu dan miso ramen.

Baca Juga: 5 Kedai Kopi Legendaris di Jakarta yang Tawarkan Kopi Harum Nikmat



Simak Video "Menjajal Ramen Viral dengan Konsep Kaki Lima di Jakarta Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT