ADVERTISEMENT

Duh! Wanita Ini Alami Infeksi Usus Usai Makan Hotpot dan Bubble Tea

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 04 Sep 2022 06:00 WIB
Duh! Wanita Ini Alami Infeksi Usus Usai Makan Hotpot dan Bubble Tea
Foto: Must Share News
Jakarta -

Makan hotpot dilanjut minum bubble tea terdengar begitu nikmat, namun hati-hati efek setelah mengonsumsinya. Wanita di China ini alami infeksi usus hingga harus dilarikan ke rumah sakit oleh keluarganya.

Pada acara tertentu, seseorang mungkin bisa makan banyak sekaligus dalam periode singkat. Sering kali mereka tak sadar dengan jenis dan jumlah makanan yang sudah dilahap.

Bukan hanya bikin kenyang, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Mungkin saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada tubuh akibat asupan makanan yang berlebihan dalam waktu cepat.

Seorang wanita di China dilaporkan mengalami masalah kesehatan usai makan hotpot, bubble tea, dan buah peach dalam satu hari. Ia alami infeksi usus dengan berbagai gejala yang kerap disebut flu perut.

Mengutip Must Share News (30/8), wanita 35 tahun bernama Liang ini mengaku makan buah peach di rumah. Sebelumnya ia diketahui makan malam dengan menu hotpot dan bubble tea.

Sakit PerutSeorang wanita di China alami diare dan muntah usai makan hotpot, bubble tea, dan buah peach. Foto: Getty Images/iStockphoto

Tak lama setelahnya, Liang diare dan muntah. Keesokan harinya, ia menyadari bahwa semua anggota tubuhnya mati rasa. Tangan kanannya bahkan berkedut.

Baca Juga: Sering Makan Banyak, tapi 4 Food Vlogger Ini Tetap Punya Berat Badan Ideal

Keluarganya langsung membawa Liang ke rumah sakit. Ia jalani serangkaian tes darah. Hasilnya, dokter mengatakan Liang alami infeksi usus akut.

Infeksi ini menyebabkan alkalosis yaitu suatu kondisi di mana tingkat pH darah tidak seimbang. Menurut WebMD, alkalosis terjadi ketika darah seseorang terlalu basa, yang dapat disebabkan oleh hilangnya asam tubuh secara berlebihan melalui muntah.

Dokter memberinya kalium dan kalsium untuk mengembalikan tingkat pH darah Liang ke netral. Pengobatan ini membuat gejalanya mulai menurun.

Kepada Xiaoxiang Morning Herald, dokter yang menangani Liang memperingatkan bahwa muntah dan diare dapat dengan mudah menyebabkan ketidakseimbangan pH darah seseorang.

Kondisi muntah dan diare cenderung mengeluarkan sejumlah besar cairan dari tubuh, yang dapat mencakup asam dan elektrolit penting untuk menyeimbangkan pH darah.

Adapun gejala alkalosis meliputi napas cepat, kedutan jari atau anggota badan, mati rasa, nyeri menusuk, dan tremor. Jika tidak ditangani segera, alkalosis bahkan bisa berakibat fatal.

Baca Juga: 5 Jawara Makan Ini Terluka Serius Akibat Kebanyakan Makan, Ada yang Kena Stroke!

Dokter juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan saat makan, baik melalui sering mencuci tangan atau desinfeksi alat makan.

Untuk mencegah infeksi usus, ia juga merekomendasikan untuk menghindari konsumsi makanan berminyak, makanan yang sudah menjadi dingin, sisa makanan, dan makanan basi.

4 Cara Menambahkan Wasabi ke Sushi Seperti Orang JepangDi Amerika Serikat juga pernah ada kejadian wanita masuk rumah sakit usai kalap makan sushi. Foto: Getty Images/iStockphoto/HandmadePictures

Sebelum kisah tragis ini, wanita bernama Danielle Saphiro juga alami hal serupa. Ia nekat makan banyak sushi dalam sekali waktu makan. Ia ogah rugi dengan paket makan sepuasnya yang sudah dipilih.

Saphiro melahap 32 porsi sushi roll, 4 porsi gyoza, semangkuk edamame, 2 cabai jalapeno, dan semangkuk sup miso. Setelahnya, wanita asal Amerika Serikat ini alami sakit perut.

Ia dibawa ke rumah sakit dan didiagnosis GERD. Alhasil, Saphiro berakhir mendapat perawatan di rumah sakit. Kisahnya ada di artikel di bawah ini.

Baca Juga: Kalap Makan Sushi karena Ogah Rugi, Wanita Ini Berakhir Masuk RS



Simak Video "Bikin Laper: Sajian Super Unik dari Resto Hotpot di PIK"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT