7 Jenis Pisau Dapur Berdasarkan Kegunaan Spesifiknya

ADVERTISEMENT

7 Jenis Pisau Dapur Berdasarkan Kegunaan Spesifiknya

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 27 Agu 2022 07:00 WIB
7 Jenis Pisau Dapur Berdasarkan Kegunaan Spesifiknya.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pisau digunakan untuk memotong bahan makanan sebelum dimasak, namun kita suka bingung untuk memilih jenis pisau yang tepat. Agar tak salah, ketahuilah jenis pisau ini.

Dalam hal menyiapkan makanan, tak hanya bahan-bahannya saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga alat untuk mengolahnya. Salah satu yang terpenting, pisau.

Pisau biasanya digunakan untuk memotong, mengiris, hingga mencincang bahan makanan tersebut. Sebenarnya setiap bahan itu harus dipotong menggunakan pisau yang tepat agar lebih mudah dan cepat.

Tapi pisau yang banyak dijual di pasaran seringkali membuat kita bingung untuk memilih yang tepat. Agar tidak salah pilih lagi, ketahuilah jenis-jenis pisau yang paling sering dibutuhkan beserta fungsinya yang telah dirangkum dari allianceonline.co.uk (26/08):

1. Pisau Koki atau Chef's Knife

7 Jenis Pisau Dapur Berdasarkan Kegunaan Spesifiknya.Pisau koki atau chef's knife adalah salah satu jenis pisau yang paling dibutuhkan dalam setiap dapur rumah tangga. Foto: Getty Images

Pisau koki atau chef's knife adalah salah satu jenis pisau yang paling dibutuhkan dalam setiap dapur rumah tangga.

Ini karena pisau tersebut dirancang dengan bilah panjang lebar dan ujung yang lurus sehingga cocok untuk memotong berbagai macam bahan makanan.

Karena bilah yang melengkung itu, pisau ini menjadi alat sempurna untuk memotong banyak sayuran sekaligus. Pisau ini juga cocok digunakan untuk memotong bahan makanan yang lebih tebal atau keras seperti kentang dan bawang.

Tetapi jangan menggunakannya untuk mengupas bahan makanan berukuran kecil, karena pisau ini terlalu besar untuk tugas itu.

2. Utility Knife atau Pisau Utilitas

Pisau utilitas sebenarnya memiliki bentuk yang mirip dengan pisau koki, tetapi jenis pisau ini lebih kecil dan ramping. Ujung pisau lebih runcing sehingga bisa digunakan untuk memotong bahan yang lebih rumit.

Pisau utilitas cocok untuk digunakan bagi mereka yang ingin memotong sayuran yang lebih kecil seperti bawang-bawangan. Jika chef's knife dirasa terlalu besar, kamu bisa memilih jenis pisau ini karena dapat bekerja pada pemotongan yang lebih presisi.



Simak Video "Bikin Laper: Nagihnya Pad Thai Udang Jumbo di Pasar Thailand"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT