5 Tips Agar Wajan Anti Lengket Awet dan Tak Cepat Rusak

ADVERTISEMENT

5 Tips Agar Wajan Anti Lengket Awet dan Tak Cepat Rusak

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 24 Agu 2022 05:00 WIB
5 Tips Agar Wajan Anti Lengket Awet dan Tak Cepat Rusak.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Di hampir setiap dapur rumah tangga kini hadir wajan anti lengket. Namun seringkali wajan itu rusak sehingga harus beli baru. Untuk membuatnya awet, coba ikuti 5 tips ini.

Wajan anti lengket menjadi alat masak pilihan banyak orang karena fungsinya efektif dan harganya tidak begitu mahal.

Alat masak anti lengket ini dilapisi dengan keramik atau bahan yang umumnya dikenal dengan teflon atau PTFE untuk menciptakan permukaan licin sehingga lebih mudah untuk makanan diolah di atas wajan.

Bahan itulah yang membuat memasak dan membersihkan wajan jauh lebih mudah, tetapi tak sedikit juga yang mengungkap bahwa wajan anti lengket mudah rusak.

Sebenarnya wajan ini memang membutuhkan perawatan khusus untuk mencegah permukaannya tergores, mengelupas, atau melengkung. Untuk membuatnya lebih tahan lama, ada beberapa cara khusus yang bisa diikuti.

Merangkum bhg.com (10/08/2021), berikut 5 tips agar wajan anti lengket awet dan tidak cepat rusak:

1. Jangan Bersihkan Wajan dengan Sabut Kasar

5 Tips Agar Wajan Anti Lengket Awet dan Tak Cepat Rusak.Wajan anti lengket atau teflon tidak boleh dicuci dengan menggunakan alat gosok yang permukaannya kasar. Hindarilah mencuci wajan ini dengan alat abrasif seperti sabut gosok, wol baja, atau sikat kayu. Foto: Getty Images

Wajan anti lengket atau teflon tidak boleh dicuci dengan menggunakan alat gosok yang permukaannya kasar. Hindarilah mencuci wajan ini dengan alat abrasif seperti sabut gosok, wol baja, atau sikat kayu.

Cukup dengan memberi sedikit sabun cuci piring dan gosok menggunakan spons atau kain lembut.

Jika memang ada kotoran yang tebal, kamu bisa merendam wajan anti lengket selama beberapa waktu dalam air sabun hangat. Barulah bilas, sekaligus gosok perlahan hingga bersih.

Tetapi jika ada minyak yang terbakar atau makanan sisa yang sulit terlepas, bisa dengan cara mencampur sedikit baking soda dan air lalu oleskan ke wajan anti lengket. Kemudian boleh digosok secara lembut.

2. Sebelum Dipakai, Cuci Dulu Wajan Anti Lengket

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat wajan anti lengket tahan lama yaitu dengan mencuci dan memberikan sedikit minyak.

Jika kamu baru saja membeli wajan tersebut, setelah kemasan dilepas, boleh langsung dicuci dengan air sabun dan dikeringkan secara menyeluruh. Ini dilakukan agar residu dalam kemasan bisa hilang.

Sementara wajan anti lengket juga bisa disiapkan dengan cara memberikan sedikit minyak pada permukaan wajan. Lalu panaskan wajan sekitar 3 menit.

Setelah wajan dingin, hilangkan residu minyak tersebut dengan tisu kertas sebelum disimpan kembali.



Simak Video "Masak Masak: Mudah! Membuat Pizza ala Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT