Jalan-jalan ke Bulungan, Jangan Lupa Jajan Nasi Bebek dan Gultik Stiker yang Viral

ADVERTISEMENT

Street Food 101

Jalan-jalan ke Bulungan, Jangan Lupa Jajan Nasi Bebek dan Gultik Stiker yang Viral

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 27 Agu 2022 17:00 WIB
Di Bulungan Blok M Ada Nasi Bebek Super Pedas hingga Gultik Stiker yang Viral
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Jakarta -

Kawasan Bulungan Blok M terkenal dengan kuliner gultik, tapi ada satu penjual gultik viral yang berlokasi jauh dari deretan penjaja gultik lain. Lalu ada juga kuliner lain yang layak dicoba di sini, mulai dari nasi bebek khas Madura hingga es podeng.

Membicarakan kawasan kuliner malam di Jakarta Selatan, banyak anak 'Jaksel' pilih nongkrong di Bulungan Blok M karena lokasinya strategis dan pilihan makanannya banyak. Kawasan ini dekat dengan stasiun MRT Blok M BCA.

Di Jalan Bulungan juga ada Blok M Plaza yang kini kembali bergeliat setelah terkoneksi dengan jalur MRT. Setiap hari saat malam tiba, bagian depan Blok M Plaza yang mengarah ke SMA Negeri 6 Jakarta Selatan bakal diisi dengan jejeran puluhan penjaja gultik.

Menggunakan tenda dan kursi sederhana, setiap penjual menjajakan gultik serupa tapi seolah sudah memiliki pelanggan masing-masing. Harganya sekitar Rp 10 ribu saja.

Di Bulungan Blok M Ada Nasi Bebek Super Pedas hingga Gultik Stiker yang ViralGultik Barito atau sering disebut Gultik Stiker ada di dekat Taman Ayodya. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Uniknya, selain gultik di lokasi populer ini, ada seorang penjual gultik 'antimainstream' yang pilih berjualan jauh dari hiruk pikuk penjaja gultik lain. Gultik ini sedang viral di kalangan milenial.

Namanya Gultik Barito atau populer dengan sebutan Gultik Stiker yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 8 menit dari Blok M Plaza. Lokasi tepatnya di dekat Taman Ayodya, Jl. Melawai Raya No No.189 A2. Gultik ini dijajakan Pak Yanto sejak tahun 2000.

Antrean Gultik Barito bakal makin panjang saat jam-jam makan malam, sekitar pukul 19.00-21.00. Pelanggannya kebanyakan anak muda yang rela menunggu demi mencicipi sepiring gultik seharga Rp 15.000an ini.

Lalu mengarah ke GOR Lapangan Bulungan, mulai sore hari ada sebuah gerobak motor yang jadi incaran foodies. Di depan gerobaknya terpajang spanduk bertuliskan 'Nasi Bebek Extra Pedas Mbak Ru'ah'.

Di Bulungan Blok M Ada Nasi Bebek Super Pedas hingga Gultik Stiker yang ViralNasi bebek khas Madura buatan Mbak Ru'ah ada di depan GOR Bulungan. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Seporsi nasi bebek goreng dengan siraman bumbu hitam khas Madura jadi menu andalan di sini. Harganya Rp 20.000 dengan porsi yang mengenyangkan!

Dirli, sang pemilik, merupakan orang Madura asli. Ia menggunakan bebek pilihan untuk menghasilkan tekstur bebek goreng yang juicy dan lembut. Pengolahan yang tepat serta balutan bumbu yang tebal juga membuat bebek goreng racikannya tidak amis.

Jika ingin ngemil saja, di kawasan Bulungan Blok M juga ada penjaja pancong legendaris. Namanya Pancong Bulungan yang konon sudah ada sejak 1980, sebelum Blok M Plaza berdiri.

Lokasinya persis di seberang penjaja gultik depan Blok M Plaza. Pancong di sini gaya Betawi dengan aneka topping kekinian. Harganya ramah di kantong, Rp 10.000 saja dengan porsi yang lumayan banyak.

Di Bulungan Blok M Ada Nasi Bebek Super Pedas hingga Gultik Stiker yang ViralEs Podeng Bulungan sudah ada sejak tahun 2005 dan masih jadi favorit sampai kini. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Bergeser ke arah depan Ayam Bakar Ganthari, kamu juga bisa cicip es podeng enak yang terkenal di kawasan Bulungan Blok M. Es podeng di sini diracik homemade oleh Pak Taufik yang asli Pemalang.

Beliau menuturkan, banyak penjual es podeng di Jakarta, memang berasal dari daerah asalnya. Ia menyajikan es podeng sejak 2005 dengan isian lengkap. Rasanya manis dengan tekstur creamy yang memuaskan selera.

Mau tahu lebih lanjut soal 4 pilihan makanan enak di kawasan Bulungan Blok M ini? Simak terus artikel dan videonya yang akan tayang pada akhir pekan ini dan akhir pekan minggu depan di detikfood ya!

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT