ADVERTISEMENT

Mahal atau Murah, Paket Sayur Sop Harga Seribu Perak Ini Jadi Perdebatan Netizen

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 26 Agu 2022 08:00 WIB
Tips Masak Sop Ayam
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Penjual sayur biasanya memiliki paket sayuran murah untuk sekali masak. Seperti paket sayur sop seharga seribu perak ini justru jadi perdebatan netizen di Twitter.

Kalau bingung mau masak apa, biasanya orang-orang akan belanja ke penjual sayur keliling, atau penjual sayur di pasar yang memiliki paket sayuran lengkap. Biasanya para penjual sayur menjual bahan paket sayur mentah, untuk 1-3 porsi lengkap dengan bumbunya.

Seperti paket bahan sayur untuk membuat sayur asem, sayur lodeh dan yang paling terkenal ada sayur sop. Di dalam satu plastik paket sayur ini sudah lengkap dari aneka jenis sayur yang digunakan, hingga bumbu penyedap rasa.

Seperti belanjaan yang diunggah oleh salah satu pengguna di Twitter yang bersifat anonim ini. Ia membagikan paket sayur sop hasil belanjanya lewat akun sharing seputar makanan FFess (25/08).

Baca Juga: Resep Sop Ayam Makaroni yang Berkuah Bening Sederhana" selengkapnya

Mahal atau Murah, Paket Sayur Sop Harga Seribu Perak Ini Jadi Perdebatan NetizenMahal atau Murah, Paket Sayur Sop Harga Seribu Perak Ini Jadi Perdebatan Netizen Foto: Site News


"Guys, (paket sayur) sop-sopan harga Rp 1.000 mahal atau murah? Dapat sayur kol, wortel sama seledri," tanyanya penasaran.

Ia mengunggah foto paket sayur sopnya yang cukup banyak untuk ukuran satu porsi, dalam kondisi belum dipotong-potong. Tapi karena pertanyaan mahal atau murah ini lah yang membuat netizen jadi berdebat di kolom balasan.

"Murah lah, ya kali mahal? Jangan bikin emosi pagi-pagi. Elo kalau mau beli lengkap (paket sayur) dan banyak mah, belinya yang harga Rp 5 ribu aja. Dapet tuh satu kresek kecil. Soalnya di tempat gue, sayur kaga ada yang Rp 1.000 njir. Udah syukur aja yang begitu," kritik @ra**.

"Di Surabaya sebungkus sayur sop kayak gitu harganya udah Rp 3.000 mana wortel sama kentangnya sebesar biji kelereng," tulis @pi**.

Mahal atau Murah, Paket Sayur Sop Harga Seribu Perak Ini Jadi Perdebatan NetizenMahal atau Murah, Paket Sayur Sop Harga Seribu Perak Ini Jadi Perdebatan Netizen Foto: Site News

"Hah demi apa? Elo tau gak, di rumah gue, segitu harganya udah Rp 5.000. Itu harganya cuma Rp 1.000, gila itu mah kebangetan murahnya. Di deket kos gue aja yang udah terkenal serba murah, dijualnya Rp 2.500. Itu lo dapet Rp 1.000 doang gimana caranya? Daerah mana? Kok bisa murah banget?" tanya @_myf** penasaran.

Banyak juga yang penasaran mengapa harga paket sayur, dengan ukuran wortel dan kol yang begitu besar harganya hanya Rp 1.000 saja.

"Wah wortelnya gede dan panjang. Di sini sop-sopan harganya Rp 2.000, wortelnya seukuran jempol doang," curhat @wdd**.

Untuk kisaran harga di pasaran. Meski bahan pokok seperti telur sedang melonjak tinggi, tapi untuk sayur-sayuran seperto wortel, kol hingga seledri memang terbilang masih stabil.

Di Jakarta misalnya, paket sayur sop-sopan dengan ukuran minimalis harganya paling murah sekitar Rp 5.000.

Sementara di toko online, paket sop dengan sayuran segar kisaran harganya berkisar di angka Rp 10.500 hingga Rp 20.000, dengan porsi untuk 1-2 orang. Atau porsi sekali makan.

Baca Juga: Resep Sayur : Sayur Sop" selengkapnya



Simak Video "Resep Sayur Sop"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT