Alpukat Palsu Ini Diklaim Sebagai Buah Tiruan yang Ramah Lingkungan

ADVERTISEMENT

Alpukat Palsu Ini Diklaim Sebagai Buah Tiruan yang Ramah Lingkungan

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 23 Agu 2022 14:30 WIB
Alpukat Palsu Ini Diklaim Sebagai Buah Tiruan yang Ramah Lingkungan
Foto: Site News
Jakarta -

Alpukat palsu ini diklaim sebagai buah tiruan yang ramah lingkungan. Dari segi tampilan hingga nama, buah ini mirip dengan alpukat asli.

Ternyata bukan hanya tas atau sepatu aja yang punya tiruannya. Bahkan kini alpukat pun ada versi palsunya, yang diberi nama Ecovado. Sekilas tampilan Ecovado ini mirip dengan alpukat asli.

Dilansir dari OddityCentral (23/08), alpukat yang merupakan buah populer dan bisa diolah menjadi berbagai makanan, dessert hingga minuman membuat buah berwarna hijau ini digemari banyak orang di seluruh dunia.

Selama beberapa dekade terakhir, data dari World Economic Forum menyebutkan bahwa setidaknya ada 5 miliar kilogram alpukat, yang dikonsumsi orang setiap tahunnya di seluruh dunia.

Baca Juga: Lebih Dari 5000 Jeruk Palsu Disita di Hong Kong" selengkapnya

Alpukat Palsu Ini Diklaim Sebagai Buah Tiruan yang Ramah LingkunganAlpukat Palsu Ini Diklaim Sebagai Buah Tiruan yang Ramah Lingkungan Foto: Site News

Namun meningkatnya permintaan akan buah alpukat ini, ternyata menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan. Salah satunya banyak hutan yang pohon-pohonnya harus ditebang untuk diubah menjadi kebun alpukat.

Kemudian sumber air juga mengering karena dialihkan untuk menanam alpukat. Bahkan kini alpukat masuk ke dalam jajaran buah yang paling tidak ramah lingkungan. Sehingga dari sini muncul lah Ecovado, alternatif baru untuk penggemar alpukat.

Ecovado diciptakan pertama kali oleh Arina Shokouhi, lulusan Central Saint Martins di London, Inggris. Dirinya bekerja sama dengan ilmuwan makanan Jack Wallman, dari University of Notthingham's Food Innovation Center, untuk membuat alpukat tiruan yang lebih ramah lingkungan.

Tentunya Ecovado ini dibuat dari bahan lokal yang organik. Tampilan dan warnanya dibuat semirip mungkin dengan alpukat asli. Bahkan hingga tekstur kulit alpukatnya. Bagian dalam alpukat yang terkenal dengan rasa creamy legit ini, dibuat dari campuran kacang, hazelnut, apel hingga minyak lobak.

Alpukat Palsu Ini Diklaim Sebagai Buah Tiruan yang Ramah LingkunganAlpukat Palsu Ini Diklaim Sebagai Buah Tiruan yang Ramah Lingkungan Foto: Site News

"Rasa dari alpukat itu cukup lembut, secara keseluruhan rasa alpukat ini disebut sebagai krim. Namun untuk Ecovado ini, karena dibuat dari berbagai bahan makanan, rasa alpukatnya jadi sedikit lebih pahit, namun kita kurangi rasa pahit itu dengan resep kita. Selain itu alpukat juga memiliki rasa 'nutty' sehingga kita menggunakan krim hazelnut untuk menambah rasa, hingga kandungan lemak sehatnya," ungkap Arina.

Tak hanya menggabungkan makanan saja. Tapi biji alpukat yang ikonik, diganti oleh Arina dari bola tiruan yang dibuat dari kertas dan kayu daur ulang.

Untuk sekarang buah tiruan ini memang masih menjadi tugas akhir milik Arina. Tapi buah ini sudah dirancang untuk dijual di Inggris, menggunakan bahan-bahan lokal yang mudah ditemukan.

Baca Juga: Terungkap! 6 Sayuran Populer Ini Ternyata Buah dan Bunga" selengkapnya



Simak Video "Saat Bellingham Salting Dipuji Henderson, Lalu Ditanya Gabung Liverpool"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT