ADVERTISEMENT

Kuliner Pusaka Indonesia

5 Fakta Kuliner Tradisional Indonesia yang Dipengaruhi Portugis

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 19 Agu 2022 08:00 WIB
Kuliner Indonesia yang dipengaruhi Portugis
Foto: iStock
Jakarta -

Indonesia kaya akan kuliner tradisional. Namun tahukah kamu bahwa beberapa di antaranya ada yang mendapat pengaruh dari Portugis.

Setiap daerah di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke memiliki kuliner khas. Kuliner tradisional itu sudah menjadi budaya dan identitas daerah asalnya.

Terciptanya kuliner tradisional memiliki sejarah panjang. Ada yang tercipta asli dari masyarakat Indonesia, dan ada pula yang mendapat pengaruh dari negara lain.

Salah satunya Portugis. Mengingat Portugis pernah datang ke Indonesia pada masa lampau untuk mencari rempah-rempah. Kedatangan mereka rupanya juga memberi pengaruh pada keragaman kuliner Indonesia.

Berikut ini beberapa fakta pengaruh Portugis pada kuliner Indonesia:

1. Awal Portugis Datang ke Indonesia

Kuliner Indonesia yang dipengaruhi PortugisBangsa Portugis tertarik datang ke Indonesia karena kekayaan rempah-rempahnya. Foto: iStock

Bangsa Portugis tertarik datang ke Indonesia karena kekayaan rempah-rempahnya. Mereka tiba di Indonesia pada 1509 dengan dipimpin oleh Vasco da Gama.

Mereka datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama Kristen sambil berdagang rempah-rempah, seperti lada, kayumanis, pala dan cengkeh. Pada tahun 1512 mereka datang ke Maluku.

Maluku merupakan salah satu daerah di Indonesia yang banyak tumbuh rempah-rempah. Saat itu, Portugis mulai menjajah Maluku dan mengubahnya menjadi bandar dagang untuk mereka.

Baca Juga: Jejak Budaya Luso Asia dalam Racikan Rendang Minang

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT