ADVERTISEMENT

Rezeki Nomplok! Pria Ini Temukan Mutiara Ungu Langka Saat Makan di Restoran

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 18 Agu 2022 18:30 WIB
Mutiara ungu di dalam kerang
Foto: Scott Overland
Jakarta -

Awalnya pria ini sedang makan di restoran seperti biasa, namun tak disangka menemukan mutiara ungu. Diperkirakan harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Keberuntungan seseorang bisa didapatkan dari kerja keras, namun ada juga yang mendapatkannya secara tidak sengaja. Seperti yang dialami Scott Overland, ayah dua anak di Amerika Serikat.

Dilansir dari Today (17/8), keberuntungan yang didapatkan oleh Scott ini terjadi saat ia dan keluarganya makan di restoran seafood. Restoran itu dikenal dengan sebutan Salt Air yang berlokasi di kawasan Pantai Rehoboth, Delaware, Amerika Serikat.

Scott tak sengaja menemukan sebutir mutiara ungu yang dikabarkan langka di dalam cangkang kerang. Awalnya, Scott hanya menyantap kerang itu dengan nikmat, sampai hampir habis ia baru menyadarinya.

"Saya yang paling banyak makan kerang itu, dan sampai hampir habis, saya seperti menguyah sesuatu yang keras. Saya berpikir kalau itu adalah cangkang atau semacamnya, tapi ketika saya melihatnya ada benda kecil berwarna ungu," ungkap Scott Overland.

Mutiara ungu di dalam kerangMutiara ungu di dalam kerang Foto: Scott Overland

Baca Juga: Sardjito, Sosok Penemu Ransum Biskuit TNI Saat Perang Kemerdekaan

Pada awalnya, Scott mengira itu adalah sesuatu yang tidak sengaja dijatuhkan oleh chef di piringnya karena warnanya yang sangat unik. Scott dan istrinya juga tak pernah mengetahui ada mutiara seperti itu.

Scott juga tak mengira kalau kerang bisa mengeluarkan mutiara. Karena banyak diketahui sebagian besar mutiara didapatkan dari tiram.

Ternyata mutiara juga bisa dihasilkan dari kerang. Setelah menaruh mutiara itu di samping, mereka melihat kalau cangkang kerang tersebut memiliki sedikit lekukan dari tempat mutiara itu tumbuh.

"Saat itulah kami menyadari bahwa ini bukan benda dari dapur dan mungkin berasal dari kerang," ujar Scott.

Mutiara ungu di dalam kerangMutiara ungu di dalam kerang Foto: Scott Overland

Setelah itu, Scott dan sang istri mencari informasi tentang mutiara itu. "Kami menemukan bahwa ini sebenarnya adalah mutiara yang langka dan istimewa. Untuk nilainya, diperkirakan sekitar $600 - $1600 (Rp 8,9 juta - Rp 237 juta," katanya.

Baca Juga: Viral di YouTube! Ini 5 Warung Nasi Padang Enak di Jakarta

Menurut Delaware Online, restoran tersebut mengkonfirmasi bahwa kerang yang dimaksud adalah quahog utara dengan nama ilmiah Mercenaria mercenaria. Dibiakkan oleh Cherrystone Aqua Farms di Chesapeake Bay, kerang jenis ini menghasilkan mutiara non-nacreous, seperti porselen (jenis yang tidak berwarna) menurut Gemological Institute of America.

Kerang quahog ini secara mekanis untuk konsumsi manusia, maka hampir semua mutiara yang terdapat di dalam kerang biasanya dihancurkan. Hal ini yang membuat mutiara dari kerang quahog semakin langka.

Biasanya mutiara dari kerang ini ditemukan oleh pelanggan restoran secara tidak sengaja. Scott seperti mendapatkan rezeki tak terduga, padahal hanya membeli menu hidangan pembuka dari Salt Air seharga $14 (Rp 207 ribu).

Baca Juga: Mantan Pegawai Bank Sukses Jualan Camilan Keju Beromzet Puluhan Juta



Simak Video "Kue Sagu Mutiara Khas Garut yang Bikin Kangen"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT