Sardjito, Sosok Penemu Ransum Biskuit TNI Saat Perang Kemerdekaan

ADVERTISEMENT

Kuliner Pusaka Indonesia

Sardjito, Sosok Penemu Ransum Biskuit TNI Saat Perang Kemerdekaan

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 18 Agu 2022 11:00 WIB
Sardjito, Sosok Penemu Ransum Biskuit TNI Saat Perang Kemerdekaan, yang Mirip dengan Bakpia
Foto: Usman Hadi/detikcom

3. Bentuk Ransum Biskuit Buatan Sardjito untuk TNI

Sardjito, Sosok Penemu Ransum Biskuit TNI Saat Perang Kemerdekaan, yang Mirip dengan BakpiaMelansir historia.id (18/04/2021), salah seorang veteran bekas tentara pelajar bernama Samdi mengungkapkan bagaimana bentuk biskuit Sardjito tersebut. Samdi mengungkap bahwa bentuknya bundar dan kecil, mirip seperti bakpia. Foto: Usman Hadi/detikcom

Ransum biskuit tersebut dibuat 73 tahun yang lalu, sehingga bentuk dan rasanya tidak banyak diketahui oleh orang, kecuali mereka yang dulunya pernah menjadi tentara kemerdekaan.

Melansir historia.id (18/04/2021), salah seorang veteran bekas tentara pelajar bernama Samdi mengungkapkan bagaimana bentuk biskuit Sardjito tersebut. Samdi mengungkap bahwa bentuknya bundar dan kecil, mirip seperti bakpia.

Hebatnya, meskipun ransum itu hanyalah biskuit, bukan makanan berat, tetapi jika dimakan dengan air maka para tentara bisa tahan lapar seharian.

Samdi juga mengungkap, biskuit Sardjito bahkan bisa memberi kekuatan para tentara yang berjalan jauh dan banyak beraktivitas di medan perang sekalipun.

4. Nasi Aking juga Jadi Ransum TNI Zaman Dahulu

Biskuit Sardjito menjadi salah satu bekal penting bagi para pejuang kemerdekaan. Biasanya setiap tentara akan mendapat beberapa biskuit dengan jumlah yang cukup untuk bekal perang mereka.

Selain biskuit Sardjito, ada beberapa ransum zaman dulu yang dibuat sebagai bekal para pejuang TNI. Dalam sebungkus ransum ada juga bekal nasi aking.

Ransum ini sebenarnya tidak menjadi makanan sehari-hari para anggota TNI karena keperluan makanan harian biasanya didapat dari dapur-dapur umum yang dibuat oleh warga sekitar. Sedangkan ransum biasanya dijadikan bekal ketika keadaan sedang darurat saja.



Simak Video "Hidangan Lebaran: Nasi Opor Gosong Khas Kudus"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT