ADVERTISEMENT

Kuliner Pusaka Indonesia

5 Makanan yang Jadi Bekal Pejuang, Nasi Oyek hingga Kue Leughok

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 17 Agu 2022 17:00 WIB
5 Makanan yang Jadi Bekal Pejuang, Nasi Oyek hingga Kue Leughok
Foto: Instagram jimir_altamirano
Jakarta -

Pejuang kemerdekaan membekali diri mereka dengan berbagai hal. Selain senjata, ada bekal makanan yang dibawa. Berikut menu-menu pilihan mereka untuk bersiap melawan penjajah.

Kemerdekaan yang dirasakan sekarang adalah buah perjuangan dari para pahlawan di masa lampau. Mereka melawan penjajah hingga akhirnya berhasil merebut kemerdekaan yang sesungguhnya.

Dahulu, para pahlawan Indonesia membekali diri mereka dengan senjata bambu runcing. Urusan makanan, mereka memilih beberapa menu yang masih kita kenal sampai sekarang.

Mengutip Good News From Indonesia (17/8/2019), salah satu makanan pejuang yang terkenal adalah nasi oyek. Panganan berupa nasi singkong ini punya kisah tersendiri saat Agresi Militer Belanda II pada 1948.

Andien Aisyah pilih oyek sebagai pengganti nasiTampilan nasi oyek dan aneka lauk yang dimakan penyanyi Andien Aisyah. Foto: Instagram andienaisyah

Pasukan Jenderal Soedirman saat itu sedang dalam misi gerilya untuk menyerang tentara Belanda, namun dalam perjalanan mereka kehabisan logistik di tengah hutan di wilayah Kediri.

Kondisi terdesak ini membuat Soepardjo Rustam masuk ke area pertahanan musuh dan menyelinap ke pemukiman warga. Ia kemudian membawa nasi sebagai bahan pangan untuk pasukannya.

Meski dibuat dari singkong, panganan ini disebut 'nasi' karena bulir-bulir singkongnya memang tampak seperti nasi. Kini nasi oyek biasa disajikan di atas daun pisang dan diberi topping kelapa parut.

Selain nasi oyek, ada juga nasi jagung yang dikonsumsi para pejuang kemerdekaan. Bukan tanpa alasan mereka makan nasi jagung. Dahulu pada masa perang, padi yang siap panen banyak dirampas penjajah.

5 Makanan yang Jadi Bekal Pejuang, Nasi Oyek hingga Kue LeughokSelain nasi oyek, nasi jagung juga jadi bekal pejuang zaman dulu. Foto: Instagram yugowidiangkoro

Masyarakat akhirnya terpikir memanfaatkan jagung sebagai pengganti nasi dan sumber karbohidrat. Nama lainnya nasi ampok.

Hidangan ini disebut ideal sebagai bekal perang karena tiap 100 gram-nya mengandung 345 kalori. Mengonsumsinya bisa jadi sumber energi instan.

Untuk lauknya, dahulu penjajah membekali diri dengan telur asin khas Brebes. Selain enak dan sifatnya awet, mengonsumsi telur asin bisa meningkatkan kesehatan sekaligus kekebalan tubuh.

5 Makanan yang Jadi Bekal Pejuang, Nasi Oyek hingga Kue LeughokKue leughok khas Aceh biasanya dibuat dari pisang kepok. Foto: Instagram wikanwis

Di Aceh, para pejuang juga punya bahan makanan pengganti nasi. Namanya janeng yang sejatinya mirip umbi-umbian. Pohonnya kecil, berduri kecil, dan tanamannya merambat seperti pohon sirih. Biasanya, janeng tumbuh liar di bawah pohon yang ukurannya lebih besar.

Masih dari Aceh, ada leughok yang begitu identik sebagai makanan pejuang. Kue leughok dibuat dari tepung ketan, pisang kepok, serta sagu. Makanan ini disebut efektif menghilangkan rasa lapar.

Kue leughok dibungkus daun pisang. Kudapan ini sangat praktis untuk dibawa kemanapun. Tak heran kalau para pejuang suka menjadikannya sebagai bekal.



Simak Video "Masak Masak: Tomat Keju Menu Sarapan ala Bule"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT