ADVERTISEMENT

Kuliner Pusaka Indonesia

Kuliner Tradisional Warisan Nenek Moyang yang Kini Tetap Lezat Dinikmati

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 16 Agu 2022 16:00 WIB
Kuliner Indonesia
Foto: iStock
Jakarta -

Indonesia terdiri dari puluhan ribu pulau dengan keunikan warisan kulinernya. Dimasak sejak zaman nenek moyang hingga menembus dapur modern sebagai kuliner pusaka Indonesia.

Pada 17 Agustus, Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 tahun. Usia 77 tahun kemerdekaan ini juga memberi banyak warisan kuliner yang hingga kini masih bisa dinikmati.

Menurut buku 'Tematik 5C Makanan Sehat Kurikulum 2013' karya Supriyadi, wilayah Indonesia memiliki jumlah pulau yang mencapai hingga 17.508 pulau. Masing-masing pulau punya keunikan kuliner yang diracik sesuai tradisi dan kekayaan alamnya.

Kuliner IndonesiaTumpeng merupakan pusaka kuliner Indonesia dari pulau Jawa. Foto: iStock

Kuliner tradisional itulah yang menjadi pusaka masyarakat Indonesia. selain diracik sejak masa nenek moyang, kuliner Indonesia rekat dengan filosofi.Seperi nasi tumpeng misalnya yang kerap kali disajikan setiap acara perayaan ulang tahun kemerdekaan.

Tumpeng merupakan pusaka kuliner Indonesia dari pulau Jawa. Bentuk, beragam lauk-pauk yang melengkapinya masing-masing memiliki makna. Demikian juga pemotongan tumpeng yang dilakukan dari bawah menuju puncak, sebagai simbol ucapan syukur pada Tuhan YME.

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Sunda yang Enak, Unik, dan Mendunia

Selain nasi tumpeng, masih banyak lagi kuliner tradisional yang kaya akan makna. Sebab ada kisah dan sejarah tersendiri ketika terciptanya kuliner tersebut seperti gethuk, klepon dan ketan.

Kuliner IndonesiaKuliner tradisional itu kemudian dicatat dalam bentuk tulisan agar tidak hilang begitu saja. Foto: iStock

Kuliner tradisional itu kemudian dicatat dalam bentuk tulisan agar tidak hilang begitu saja. Karenanya PresidenSoekarno mendokumentasikan seluruh kuliner Indonesia dalam sebuah buku berjudul 'Mustika Rasa'.

Di dalamnya berisi resep-resep masakan Indonesia yang dikumpulkan mulai pada tahun 1961, dan baru bisa diterbitkan di tahun 1967. Pengumpulan data dilakukan melalui survei kepada pamong praja, organisasi-organisasi wanita dan sekolah-sekolah kewanitaan.

Selain makanan, rempah-rempah Indonesia merupakan hasil bumi yang populer di dunia sejak ratusan tahun silam. Beberapa jenis rempah bahkan mulai langka saat ini. Agar tetap berjaya pemerintah melakukan program 'Spice Up The World' agar rempah Indonesia tetap jaya.

Dalam ulasan kali ini detikfood mengajak kamu mengenal lebih dekat kuliner pusaka Indonesia. Warisan apa saja yang masih lestari dan bisa dinikmati hingga kini.

Baca Juga: Kirimkan Resep Masakan Indonesia, Dapatkan Hadiah Menarik di HUT RI ke-77



Simak Video "Bikin Laper: Jelajah Kuliner Nusantara Tempo Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT