ADVERTISEMENT

Dijamin Berhasil! Cara Mudah Cegah Daging Buah Alpukat Kecokelatan

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 18 Agu 2022 06:00 WIB
Alpukat
Foto: Getty Images/HRAUN
Jakarta -

Pencinta alpukat pasti tak asing dengan masalah ini. Daging buah alpukat yang sudah dipotong bakal berubah warna jadi kecokelatan dan tak menarik selera. Ternyata ada cara mudah untuk mengatasinya.

Buah alpukat jadi primadona di kalangan pelaku hidup sehat. Daging buahnya yang lembut sedikit gurih enak diolah menjadi berbagai santapan, mulai dari salad sampai smoothie bowl.

Alpukat juga tergolong buah padat nutrisi. Mengonsumsinya bikin perut kenyang dengan asupan protein dan lemak sehat yang bermanfaat bagi tubuh.

Sayangnya alpukat punya kelemahan dimana ketika daging buahnya sudah terpapar udara, warnanya bakal cepat cokelat. Kondisi ini memang tidak mempengaruhi nutrisi alpukat, tetapi membuat tampilannya jadi kurang menarik selera.

AlpukatAlpukat berubah warna jadi kecokelatan setelah daging buahnya terpapar udara. Foto: Getty Images/HRAUN

Untuk mengatasinya, ada 2 cara mudah yang bisa dicoba. Pertama, dengan mengoleskan minyak zaitun ke daging buah alpukat yang sudah terpotong.

Kamu bisa menggunakan tangan langsung atau menggunakan minyak zaitun kemasan spray agar lebih higienis. Penggunaan minyak zaitun ini bersifat mencegah oksidasi pada alpukat.

Cara ini dibagikan TikToker @mamainthekitchen dan langsung viral dengan jumlah video ditonton lebih dari 1,4 juta kali. Banyak netizen, khususnya pencinta alpukat, merasa terbantu.

Cara lain untuk membuat daging buah alpukat tak cepat cokelat adalah memilih pisau yang tepat. Terlihat sepele, tapi cara ini disebut-sebut efektif.

AlpukatProses oksidasi pada alpukat bisa dicegah dengan diolesi minyak zaitun. Foto: Getty Images/HRAUN

Mengutip All Recipes dari Mirror UK (13/8/2022), hindari memakai pisau berbahan logam untuk memotong alpukat. "Pisau logam, terutama yang mengandung tembaga dan besi layaknya pisau stainless steel apa pun, akan membuat proses pencokelatan alpukat lebih cepat," tulis All Recipes.

Solusinya, ganti pisau logam dengan pisau berbahan keramik atau plastik. Cara ini juga sama seperti pemakaian minyak zaitun yaitu mencegah proses oksidasi.

Untuk penyimpanan alpukat dalam bentuk utuh, bisa dengan menaruh bawang putih atau bawang bombai di dalam wadah yang sama dengan alpukat. Cara ini juga disebut efektif membantu memperlambat pencokelatan alpukat.



Simak Video "Avolato, Paduan Alpukat dan Gelato yang Lezat Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT