ADVERTISEMENT

6 Tips Memilih Buah Segar Layak Konsumsi yang Kaya Akan Zat Gizi

Sponsored - detikFood
Selasa, 09 Agu 2022 13:46 WIB
ilustrasi buah
Foto: istock
Jakarta -

Tubuh memerlukan makanan yang bergizi seimbang, mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan juga air. Tak hanya di satu jam makan saja, di setiap jam makan semua gizi tersebut harus masuk ke dalam tubuh.

Salah satu penyumbang gizi tersebut adalah buah yang mengandung karbohidrat (gula), vitamin, mineral, dan juga air. Beberapa jenis buah juga mengandung lemak dan protein. Itu sebabnya, pastikan di saat makan kita tidak melupakan buah yang segar.

Buat yang bingung cari buah-buahan yang segar, coba cari saja di Transmart. Di sana, aneka buah segar berbagai jenis. Tak hanya buah, terdapat juga segala macam kebutuhan rumah tangga bulanan.

Untuk yang masih bingung cara memilih buah segar yang layak dikonsumsi, supaya kandungan yang ada di dalamnya bisa didapatkan secara maksimal, berikut ini ada beberapa tips untuk memilihnya.

1. Perhatikan Warna Kulit Buah

Pertama adalah dengan melihat warna kulit buah tersebut. Ya, setiap jenis buah punya ciri dan karakter kulit yang berbeda-beda.

Bahkan untuk buah yang masih sama, namun punya varietas yang berbeda, kekhasan warna kulitnya akan berbeda pula. Warna kulit buah yang layak dikonsumsi, cirinya bisa dilihat dari kulitnya yang berubah, misalnya dari yang awalnya berwarna hijau gelap berubah menjadi kuning, atau merah, atau mungkin ungu.

2. Perhatikan Kesegaran dan Kebersihan Kulit Buah

Buah yang segar dan layak untuk dikonsumsi juga bisa dilihat dari kesegarannya. Ini bisa dilihat dari tekstur kulit buah yang kencang atau tidak keriput, kemudian juga dari kulitnya yang terlihat berkilap, serta bersihnya kulit buah tersebut dari noda, baik itu noda getah yang menetes ataupun noda yang dihasilkan dari bekas gigitan serangga.

3. Perhatikan Ukuran dan Bentuk Buah

Tips berikutnya di dalam memilih buah yang baik, segar, dan masih layak konsumsi adalah dengan melihat lebih detail bentuk buah tersebut. Saat sudah layak petik, secara umum setiap buah punya ukuran tertentu dan ukuran ini adalah ukuran yang maksimalnya.

Bentuk tiap buahnya juga khas, misal bulat sempurna dengan diameter sekian sentimeter atau lonjong dengan panjang sekian sentimeter dan lain-lain.

Saat mendapati buah yang ukuran dan bentuknya di luar bentuk dan ukuran yang lazim untuk suatu jenis buah, maka otomatis, buah tersebut masuk ke dalam buah cacat atau buah yang tidak normal. Ini berlaku pada buah yang dijual di pasaran.

Sebab, buah yang dijual tersebut merupakan hasil budidaya, sehingga secara umum bentuk dan ukurannya juga seragam. Beda halnya dengan buah yang ditanam di pekarangan sendiri, bentuk dan ukuran buah bisa sangat berbeda-beda.

4. Perhatikan Kerapatan Rambut atau Durinya

Untuk buah yang berambut atau berduri seiring pertumbuhan dan perkembangannya, keadaan duri dan rambutnya akan semakin merenggang. Hal ini karena ukuran buahnya yang semakin membesar.

Jadinya, jarak antar-duri atau antar-rambutnya akan semakin jauh. Jadi, saat memilih buah yang matang, lihat kerenggangan rambut dan duri ini, misalnya saat beli durian, nangka, rambutan, atau yang lainnya.

5. Perhatikan Kekerasan Daging Buahnya

Dalam proses pematangan, daging buah semakin lama akan semakin melunak. Namun, jika dibiarkan secara terus menerus, tingkat lunaknya ini akan semakin tinggi, bahkan benyek.

Buah segar yang masih layak dikonsumsi tentu adalah buah yang matang pas, yakni buah yang daging buahnya sudah lunak, namun tidak sampai benyek.

Sebab jika benyek, itu artinya sudah busuk dan sudah tidak layak dimakan lagi. Kemungkinan daging buah tersebut sudah ditumbuhi larva serangga atau yang biasa disebut belatung.

6. Perhatikan Bunyi Ketukan

Dalam menentukan layak tidaknya buah untuk dikonsumsi, kita juga bisa mengetahuinya dengan cara mengetuk buah tersebut. Bunyi yang akan terdengar itu bisa jadi acuan dalam menentukan kematangan buah.

Semangka dan alpukat adalah dua contoh buah yang bisa ditentukan matang tidaknya dari bunyi ketukan ini. Keduanya, jika diketuk dengan jari dan lalu bunyi yang ke luar cenderung nyaring (persis seperti tepukan tangan di dahi) maka biasanya buah ini masih mentah.

Semangka dan alpukat yang matang, jika diketuk dengan jari, maka bunyi yang terdengar seperti tepukan di dada. Adapun jika bunyi seperti ketukan di perut, itu menandakan buah-buah ini terlalu matang dan cenderung membusuk.

Itu dia 6 tips yang bisa dilakukan di dalam memilih buah segar yang layak konsumsi dan masih kaya akan kandungan protein, mineral, karbohidrat, vitamin, air, dan zat lainnya. Pastikan kita selalu jeli dan teliti saat membeli buah, terutama jika belinya secara online.

Bagi yang ingin membeli buah-buahan, bisa membelinya di Allofresh. Aplikasi yang merupakan besutan Bukalapak dan Trans Retail ini dijamin kesegarannya. Pengantaran pesanannya juga cepat lho.Tidak percaya? Buktikan sendiri!

(Content Promotion/Transmart)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT