ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner Manado

Pedas Segar! Ini 4 Sambal Khas Manado yang Bikin Lahap Makan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 14 Agu 2022 15:00 WIB
Sambal dabu-dabu
Foto: iStock
Jakarta -

Manado memiliki beragam sambal yang pedasnya nagih. Ada sambal dabu-dabu yang segar hingga sambal roa yang nikmat sekali disantap jadi cocolan pisang goreng.

Sambal merupakan makanan khas Indonesia yang biasa disajikan sebagai pendamping makanan. Ada banyak jenis sambal yang dibedakan dari daerah asalnya.

Di Manado, Sulawesi Utara, ada 4 jenis sambal yang rasanya enak nagih. Keempat jenis sambal ini memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang pedas segar hingga pekat rasa ikannya.

Baca Juga: Harga Mie Ayam Gerobak Mulai Naik, Ini Kata 4 Penjual di Jakarta

Berikut 4 jenis sambal khas Manado yang enak:

1. Sambal Dabu-dabu

Sambal dabu-dabuSambal dabu-dabu Foto: iStock

Sambal dabu-dabu merupakan sambal khas Manado yang populer. Bukan sambal halus, melainkan sambal dari irisan bahan segar. Isiannya ada potongan cabe rawit, bawang merah, dan tomat.

Sambal yang rasanya pedas segar ini kerap disajikan untuk pendamping ikan tude bakar. Dabu-dabu juga kerap disajikan untuk menikmati kuliner Manado yang teksturnya kering.

Cara membuat dabu-dabu sangatlah mudah. Kamu tinggal mengiris semua bahan, tambahkan juga irisan daun jeruk purut. Lalu siramkan dengan minyak goreng panas dan tambahkan air jeruk nipis.

2. Sambal Roa

5 Tempat Beli Sambal Roa Kemasan yang Pedas Gurihnya Nendangsambal roa kemasan Foto: Instagram

Sambal roa juga populer di Manado. Sambal ini terbuat dari ikan roa asap, seperti namanya. Ikan roa adalah jenis ikan terbang yang dapat ditemui di perairan laut Utara Sulawesi sampai dengan Maluku.

Ikan roa ini lalu dihaluskan bersama bawang merah dan cabe rawit. Untuk rasanya, tak hanya terasa sensasi pedas saja, tapi juga rasa gurih dan smoky khas ika asap.

Sambal roa enak dinikmati bersama pisang goreng yang teksturnya agak keras. Enak juga dinikmati bersama nasi kuning khas Manado. Sambal roa bisa dibeli melalui toko online di e-commerce.

Baca Juga: Pedas Gurih! Pisang Goreng Khas Manado Dicocol Sambal Roa



Simak Video "Nasi Kuning Sambal Roa yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT