ADVERTISEMENT

Harga Mie Ayam Gerobak Mulai Naik, Ini Kata 4 Penjual di Jakarta

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 12 Agu 2022 17:30 WIB
Mie Gaul Senayan; Sedapnya Mie Ayam dan Yamin Hidden Gems yang Tempatnya Asri
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Harga gandum naik karena perang Rusia dan Ukraina. Tak hanya mie instan saja yang mengalami kenaikan, tapi juga mie ayam gerobak. Ini kata 4 penjual mie ayam.

Mie instan yang terbuat dari bahan baku gandum telah dikabarkan mengalami kenaikan harga. Hal ini disampaikan langsung oleh Kementerian Pertanian RI beberapa waktu lalu. Bahkan, kenaikan harganya bisa mencapai 3 kali lipat.

Tak hanya mie instan, tapi mie ayam juga menggunakan bahan baku tepung terigu yang terbuat dari gandum. Mengutip detikFinance (12/8), harga mie ayam dari salah satu pedagang mie ayam di Jakarta Utara dikabarkan mengalami kenaikan harga.

Baca Juga: Aduh! Bukan Mi Instan Saja, Harga Bahan Mi Ayam Gerobak Juga Naik

DetikFood juga memantau perihal kenaikan harga mie ayam dari beberapa titik wilayah di Jakarta. Ada 4 penjual mie ayam yang kami tanyakan, namun jawabannya tak serentak sama.

Mie Ayam Petruk gerobakanMie Ayam Petruk gerobakan Foto: detikFood / Yenny Mustika Sari

Seperti penjual Mie Ayam Petruk di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan. Sang penjual menjelaskan kepada detikFood (12/8), kalau harga mie mentah sempat mengalami kenaikan, sebelum berita soal harga gandum meluas.

"Sebenernya kalau harga mie mentah ini emang udah naik sih di pasaran sebelum ada berita. Sekarang per kilonya 20 ribuan. Jadi harga mie ya kita naikin jadi 15 ribu sekarang," ungkap sang penjual Mie Petruk.

Yovi, pemilik Mie Ayam Mataram di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan juga menjelaskan kepada detikFood kalau benar ada kenaikan harga bahan baku mie berupa terigu.

Mie Ayam Bangka Asan: Gurih Nikmat Mie Ayam Bangka Legendaris di CipinangMie Ayam Foto: detikcom/Diah Afrilian

Baca Juga: Pasar Jatinegara Dulu Bernama 'Mester Passer', Sudah Ada Sejak 1770-an

"Kalau kita mienya tidak beli, bikin sendiri. Tapi benar ada kenaikan harga dari terigunya. Sekarang harga mie ayam kita juga ada kenaikan Rp 1.000," ujar Yovi.

Mie Ayam Mataram yang biasanya menawarkan harga Rp 16.000 menjadi Rp 17.000 per porsi. Itu hanya mie ayam biasa dengan topping ayam saja.

Hal yang sama turut dirasakan oleh Mie Ayam Pak Jenggot. Wulan, anak dari pemilik mie ayam gerobakan ini mengungkapkan kalau harga bahan baku mie naik. Awalnya mie mentah hanya ditawarkan dengan harga Rp 15.000, kini menjadi hampir Rp 20.000 per kilogram.

"Iya bahan baku mie ayam naik. Untuk mie mentah yang awalnya 15 ribu, sekarang hampir 20 ribuan. Tapi kalau kita tidak menaikkan harga mie ayam, tetap Rp 12 ribu satu porsinya. Cuma porsi mie ayamnya kita perkecil saja," jelas Wulan.

DetikFood juga sempat menghubungi Mie Ayam Barokah di Jakarta Timur. Namun, mereka mengungkapkan kalau belum ada kenaikan harga mie ayam di warung miliknya.

Baca Juga: 6 Cara Gampang Bikin Mie Instan Jadi Lebih Sehat ala Ahli Gizi



Simak Video "Suka Mie yang Gurih? Cobain Mie Ayam Bangka Asan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT