ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner Manado

Pedas Gurih! Pisang Goreng Khas Manado Dicocol Sambal Roa

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 11 Agu 2022 11:30 WIB
Keunikan pisang goreng khas Manado yang dicocol sambal.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ada banyak ragam kuliner khas Manado yang enak. Salah satunya, pisang goreng yang dicocol pakai sambal. Begini keunikan rasanya!

Biasanya olahan pisang goreng lebih banyak dimakan bersama pendamping saus manis seperti susu kental manis, meses, bahkan es krim. Tetapi berbeda dengan orang Manado yang justru makan pisang goreng dengan campuran sambal.

Makanan Manado memang dikenal pedas. Beberapa sajian makanan pastinya dimasak dengan cabai atau sambal yang pedas, termasuk pisang goreng.

Sebenarnya bukan hanya orang Manado yang mencocol pisang goreng dengan sambal, tetapi beberapa orang di Sulawesi juga turut melakukan hal ini.

Mungkin banyak orang bertanya-tanya mengapa pisang goreng disana dimakan dengan sambal? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut serba-serbi pisang goreng khas Manado yang dirangkum dari beberapa sumber :

1. Pakai Pisang Goroho

Keunikan pisang goreng khas Manado yang dicocol sambal.Dalam membuat pisang goreng khas Manado, diperlukan jenis pisang tertentu. Umumnya yang dipakai adalah pisang Goroho. Pisang ini memang banyak ditemui di daerah Manado dan Gorontalo. Foto: Getty Images

Dalam membuat pisang goreng khas Manado, diperlukan jenis pisang tertentu. Umumnya yang dipakai adalah pisang Goroho. Pisang ini memang banyak ditemui di daerah Manado dan Gorontalo.

Jenis pisang ini tidak akan terlalu nikmat jika dimakan langsung. Rasanya akan jauh lebih baik jika dimasak.

Yang menjadi keunikannya, dalam mengolah pisang Goroho, biasanya pisang dipilih dari yang mentah atau setengah matang. Karena menurut masyarakat sana, pisang dalam keadaan seperti itu justru lebih enak ketika digoreng.

Cita rasa Pisang Goroho lebih nikmat jika digoreng tipis tanpa tepung dan dicocol dengan sambal roa. Namun ada juga pisang khas Manado yang digoreng tebal dengan tepung.

Mungkin karena ketersediaan pisang Goroho tidak terlalu banyak, sehingga banyak dari kedai makanan Khas Manado yang menggunakan pisang tanduk sebagai alternatifnya.

Biasanya pisang yang dipakai masih mengkal agar tidak lembek setelah digoreng. Barulah dilumuri dengan adonan tepung dan digoreng. Cara makannya masih tetap sama yaitu dicocol ke sambal roa.

2. Digoreng Pakai Adonan Tepung Beras

Keunikan pisang goreng khas Manado yang dicocol sambal.Namun jika memang ingin makan pisang dengan menggunakan adonan tepung, biasanya mereka menggunakan adonan tepung beras. Foto: Getty Images

Ada banyak versi dalam mengolah pisang goreng khas Manado. Jika menggunakan pisang Goroho, mungkin lebih baik digoreng tanpa adonan tepung karena rasanya akan gurih garing.

Namun jika memang ingin makan pisang dengan menggunakan adonan tepung, biasanya mereka menggunakan adonan tepung beras. Ini mungkin tidak jauh beda dengan resep pisang goreng pada umumnya, tetapi tepung beras dipilih agar menghasilkan tekstur yang lebih garing renyah.

Jika pisang dilumuri dengan adonan tepung beras, nantinya akan menghasilkan pisang yang gurih renyah. Ditambah dengan cocolan sambal roa yang akan membuat sensasi makan pisang goreng khas Manado ini semakin nikmat.



Simak Video "Bikin Laper: Sensasi Makan Pisang Goreng Pakai Sambal Roa "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT