ADVERTISEMENT

Anarsa Ki Goli, Camilan India Ini Mirip Onde-onde Khas Jawa

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 01 Agu 2022 15:30 WIB
Resep Onde-onde Ketawa
Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa camilan Indonesia ada yang mirip dengan camilan negara lain. Seperti anarsa ki goli, camilan berbahan tepung beras dan biji wijen yang mirip onde-onde.

Indonesia terkenal dengan beragam kulinernya yang lezat. Tak hanya makanan beratnya, tapi juga jajanan yang enak buat ngemil. Ada yang digoreng, dikukus atau direbus.

Meski jenisnya beragam, banyak camilan Indonesia yang memiliki tampilan seperti camilan negara lain. Sebut saja onde-onde yang ternyata mirip seperti camilan India bernama anarsa ki goli.

Dilansir dari Food NDTV (28/7), anarsa ki goli ini ternyata kerap disajikan saat perayaan penting di India, yaitu Teej. Di mana wanita di India, terutama India utara, merayakan festival dengan menyembah Dewa Siwa dan Dewi Parwati untuk mencari berkah kehidupan pernikahan yang bahagia.

onde-onde. indonesian traditional street food. glutinous rice flour and stuffed inside a green bean paste with sesame seedsonde-onde Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Baca Juga: Cicip Semur Daging hingga Sambal Goreng Ransum TNI dan POLRI, Begini Rasanya

Anarsa ki goli benar-benar memiliki kesamaan dengan onde-onde. Mulai dari tampilan hingga proses mengolahnya. Cara mengolahnya menguleni tepung beras hingga kalis dan dibentuk bulat-bulat kecil, ditaburi biji wijen, lalu digoreng.

Ada sedikit perbedaan dari onde-onde dan anarsa ki goli, yaitu pada jenis tepung yang digunakan dan isiannya.

Onde-onde menggunakan tepung ketan dan memiliki isian kacang hijau yang ditumbuk halus. Sedangkan anarsa ki goli terbuat dari tepung beras dan tanpa isian.

Anarsa ki goli juga memiliki tekstur yang renyah, sedangkan onde-onde lebih kenyal. Ada jenis kreasi onde-onde yang lebih mirip anarsa ki goli bernama kue ketawa khas Medan.

Resep Onde-onde Ketawaanarsa ki goli Foto: iStock

Baca Juga: 5 Orang Asing Belajar Makan Pakai Tangan, Begini Momennya

Selain anarsa ki goli yang mirip dengan camilan khas Indonesia, ada camilan lain yang juga memiliki kemiripan. Seperti kue putu piring asal Singapura yang mirip sekali dengan putu bambu Indonesia.

Camilan khas Korea bernama gangjeong juga mirip sekali dengan jipang beras. Keduanya terbuat dari beras ketan yang diberikan lelehan gula bertekstur lengket.

Baca Juga: Esktrem! Pria Ini Makan Natto Dicampur Petai dan Jengkol



Simak Video "Onde-onde Bo Liem Khas Mojokerto yang Jadi Incaran Pemudik"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT