ADVERTISEMENT

Pengeluaran Makan Cowok Lebih Hemat Kalau Jomblo

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 30 Jul 2022 19:00 WIB
Couple eating a pot
Foto: Getty Images/iStockphoto/yamasan
Jakarta -

Siapa yang menyangka tidak memiliki pasangan atau kekasih, ternyata bisa jadi cara pintar untuk menghemat pengeluaran. Terutama untuk biaya makan sehari-hari.

Menjadi seorang jomblo sering dianggap sebagai ejekan, padahal banyak orang yang memang nyaman dengan status lajang mereka. Ada juga yang melihat status jomblo, sebagai sebuah kelebihan karena mereka bisa hidup lebih hemat.

Seperti ungkapan yang dituliskan seorang pria dengan identitas anonim asal Malaysia ini.

Baca Juga: Tak Mau Bayar Makanan di Kencan Pertama, Pria Ini Dicap Pelit" selengkapnya

Dialnsir dari RedChili21 (29/07), pria ini mengklaim bahwa hidup menjadi jomblo jauh lebih hemat, ketimbang memiliki pacar. Curhatannya dan hitungannya ini ia tulis di halaman Facebook, Tantan Confessions Malaysia, yang membahas seputar kehidupan berkencan.

Makan Bareng Pacar, Polisi Ini Malah Berhasil Tangkap Buronan di RestoranMakan Bareng Pacar Foto: iStock

"Perbandingan antara makan saat pacaran, dan makan sendiri selama sebulan. Kalau pacaran pengeluarannya sekitar RM 300 (Rp 1 juta) - RM 500 (Rp 1,6 juta) sebulan untuk makan dengan pacar," tulis pria itu.

Kisaran harga ini diambil dari biaya bayar restoran makanan. Sementara seorang jomblo, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk budget makan.

Tak perlu selalu makan di restoran atau kafe kekinian, makan di rumah saja sudah cukup. Jadi pria itu menulis untuk jomblo, mereka tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk makan di luar.

Selain perhitungan biaya makan tambahan. Pria ini juga menambahkan budget untuk jajan dessert, karena sekarang banyak kafe dessert yang menjual roti, pastry hingga es krim yang jadi destinasi untuk orang pacaran.

Couple eating lunch at a restaurant, tasting each other's food and having funPasangan makan di restoran. Foto: iStock

"Untuk orang yang memiliki kekasih, budget untuk beli dessert sekitar RM 100 (Rp 334.000) - RM 200 (Rp 668.200) per bulan. Sementara untuk jomblo, paling hanya habiskan uang sekitar RM 30 (Rp 100.230)," tulis isi curhatan itu.

Hal ini disetujui oleh orang-orang yang jomblo atau lajang. Menurut mereka yang jomblo, jajan dessert dengan makan es krim murah dari supermarket saja sudah cukup.

Sementara mereka yang memiliki pasangan, terutama para pria tidak akan berani membawa kekasih mereka untuk makan dessert es krim kemasan dari supermarket. Pastinya mereka akan memilih destinasi kafe atau gerai dessert kekinian yang tentunya lebih mahal.

Selain dua perbandingan di atas. Ada faktor lain mengapa jomblo memiliki hidup yang jauh lebih hemat dalam hal pengeluaran. Seperti tidak perlu membuang uang untuk membelikan kado pasangan, barang kesukaan pasangan, sampai jatah belanja pasangan.

Tentunya ungkapan ini langsung mendapatkan komentar yang beragam dari netizen. Ada yang setuju, ada juga yang tidak setuju dengan opini ini.

"Sebenarnya tergantung siapa pasangan kalian ya. Seperti saya, untuk masalah kosmetik itu saya beli sendiri. Kalau untuk makanan, ya biasanya saya ditraktir pacar saya di Kopitiam unruk makan siang dan sarapan. Itu harganya murah. Baru untuk makan malam, saya bisa menghabiskan lebih dari RM 100 (Rp 334.000). Kalau saya ada uang lebih, saya yang membelikan dia makanan atau bensin," jelas salah satu netizen.

"Saya jadi ingat dulu pernah punya pacar yang tidak pernah mau dibayari apapun. Dulu saya pikir dia merendahkan saya, tapi sekarang saya berpikir apakah masih ada gadis seperti dia?" ungkap netizen.

"Saya setuju dengan hitungan ini. Semenjak saya menjadi jomblo, saya selalu mampu membeli apapun yang saya mau," pungkas netizen lainnya.

Baca Juga: Pelit! Pria Ini Hanya Beli Satu Porsi Makanan Saat Ajak Pacarnya Makan Bareng" selengkapnya



Simak Video "Gurih Pedas Nasi Jinggo Sambal Belut di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT