5 Cara Mengonsumsi Madu Agar Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

ADVERTISEMENT

5 Cara Mengonsumsi Madu Agar Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 29 Jul 2022 10:35 WIB
Cara mengonsumsi madu untuk diet
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Madu yang kerap digunakan sebagai pemanis alami makanan dan minuman ini baik untuk diet. Kandungan zat di dalamnya sangat ampuh dalam menurunkan berat badan.

Madu merupakan pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Rasanya manis legit dan biasa digunakan sebagai pemanis alami. Madu biasa dijadikan pengganti gula pasir karena dianggap lebih sehat.

Mengutip Mayo Clinic, madu memang mengandung gula, tapi ada juga kandungan sehat seperti asam amino, vitamin, mineral, zat besi, zinc, dan antioksidan yang tinggi. Selain digunakan sebagai pemanis alami, madu juga berguna sebagai zat anti-inflamasi dan antibakteri.

Dilansir dari Style Craze (28/6), madu ternyata juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Karena kandungan zat antioksidan yang tinggi, madu sangat membantu dalam proses metabolisme tubuh untuk membakar lemak.

Madu juga bisa berperan sebagai probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan usus. Agar manfaat madu terasa maksimal, cara mengonsumsinya bisa ditambahkan bahan lain.

Baca Juga: Cicip Petai Pertama Kali, Ternyata Bule Cantik Ini Doyan

Berikut 5 cara mengonsumsi madu yang ampuh menurunkan berat badan.

1. Madu dan Lemon

Cara mengonsumsi madu untuk dietCara mengonsumsi madu untuk diet Foto: Getty Images/iStockphoto/

Madu yang manis sangat cocok dipadukan dengan buah bercita rasa asam seperti lemon. Kombinasi dua bahan ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi.

Kombinasi keduanya dapat dijadikan minuman hangat yang dikonsumsi saat sarapan. Dengan mengonsumsinya rutin, lemak akan luntur dengan cepat.

Cara meracik minuman dari madu dan lemon ini mudah, hanya dengan menambahkan 1 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan air lemon. Kemudian diracik dengan air hangat sebanyak 300 ml.

2. Madu dan Susu

Cara mengonsumsi madu untuk dietCara mengonsumsi madu untuk diet Foto: Getty Images/iStockphoto/

Susu diketahui salah satu minuman sehat yang umum dikonsumsi setiap hari. Minuman bercita rasa creamy ini mengandung protein dan kalsium yang tinggi.

Biasanya susu dipadukan dengan teh dan kopi, tapi kalau ingin rasa yang lebih manis bisa dengan menambahkan madu. Kombinasi madu dan susu ini juga baik dan memberikan manfaat untuk diet.

Asupan protein pada susu bisa meningkatkan metabolisme, meningkatkan rasa kenyang, hingga mengurangi lemak perut. Kamu bisa meracik segelas susu hangat yang ditambahkan 1 sendok makan madu.

Baca Juga: Nasi Dingin Baik untuk Penderita Diabetes dan Turunkan BB, Ini Faktanya



Simak Video "Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT