ADVERTISEMENT

7 Tips Belanja Agar Tak Boros dan Anti Khilaf, Ibu-ibu Perlu Tahu!

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 28 Jul 2022 08:00 WIB
7 Tips Belanja Agar Tak Boros dan Anti Khilaf, Ibu-ibu Perlu Tahu!
Foto: Getty Images/SDI Productions
Jakarta -

Belanja kebutuhan sehari-hari terkadang menjadi ujian untuk menahan lapar mata. Ternyata ada triknya agar bisa belanja sesuai kebutuhan dan tanpa boros. Cek tipsnya.

Agar lebih mempermudah, banyak orang yang belanja kebutuhan makanan dan rumah tangganya dalam satu waktu. Misalnya seperti satu bulan sekali atau satu minggu sekali.

Tetapi momen belanja bahan makanan dan kebutuhan rumah justru menjadi waktu yang menakutkan untuk sebagian orang. Nafsu belanja yang tak tertahankan dapat membuat biaya yang harus dikeluarkan menjadi berlebih.

Barang-barang yang tidak diperlukan seringkali justru diborong dan beberapa barang penting mungkin saja terlupa. Ternyata ada tips yang bisa diterapkan agar belanja makanan lebih hemat dan tepat sasaran sesuai kebutuhan di rumah.

Berikut ini 7 tips belanja hemat sesuai kebutuhan dilansir dari Unlock Food:

7 Tips Belanja Agar Tak Boros dan Anti Khilaf, Ibu-ibu Perlu Tahu!Tak hanya cermat memilih kualitas makanan, ibu-ibu juga perlu cermat memilih produk yang sedang diskon. Foto: Getty Images/SDI Productions

1. Pilih produk diskon

Ketika memasuki area supermarket biasanya kamu akan dengan mudah melihat penawaran yang sedang berlangsung pada hari itu. Pastikan untuk memeriksa produk apa saja yang termasuk dalam daftar diskon.

Jika melihat ada produk yang dibutuhkan dalam daftar diskon atau penawaran kamu bisa mempertimbangkan untuk membelinya. Biasanya produk yang masuk dalam daftar penawaran juga memiliki kualitas baik dengan harga yang tentunya lebih murah.

2. Manfaatkan cashback aplikasi

Akhir-akhir ini banyak aplikasi uang dompet digital yang seringkali menawarkan promosi-promosi menarik. Salah satunya adalah cashback bagi para pengguna untuk digunakan di toko-toko dan supermarket tertentu.

Jumlah penawaran yang diberikan juga seringkali menguntungkan bagi para pengguna. Mulai dari 20%, 30% atau bahkan 50% + 20%. Potongan harga seperti ini biasanya bisa digunakan dengan pembayaran kartu bank tertentu hingga pemindaian Qris pada beberapa aplikasi.

3. Lihat produk termahal dan termurah

Semua produk di supermarket disusun secara sistematis. Bisanya produk dengan harga termurah diletakkan di bagian rak paling bawah atau paling atas dan produk dengan harga tertinggi akan disimpan tepat sejajar dengan pandangan para pelanggan.

Tidak ada salahnya untuk membandingkan antara deretan rak paling atas, paling bawah atau bagian tengahnya. Cara ini ampuh untuk menemukan produk dengan harga termurah dan menekan pengeluaran agar sesuai dengan yang ditentukan.

Tips belanja agar lebih hemat lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT