ADVERTISEMENT

7 Manfaat Sehat Konsumsi Kunyit, Bikin Glowing hingga Cegah Depresi

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 26 Jul 2022 05:00 WIB
7 Manfaat Sehat Konsumsi Kunyit, Bikin Glowing hingga Cegah Depresi
Foto: Getty Images/iStockphoto/alexander ruiz
Jakarta -

Kunyit menjadi salah satu rempah yang paling banyak digunakan di Asia. Selain jadi pewarna alami, kunyit juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Berwarna kuning cerah, kunyit seringkali digunakan untuk memberi warna pada makanan hingga menambahkan rasa. Kunyit banyak digunakan di Asia Tenggara, Asia Barat hingga Asia Selatan.

Di Indonesia sendiri kunyit juga dikenal sebagai rempah-rempah yang kaya khasiatnya. Sejak zaman dahulu nenek moyang mempercayai bahwa khasiat mengonsumsi kunyit begitu baik untuk kesehatan.

Sejalan dengan hal tersebut, ahli kesehatan juga mengungkapkan hal yang sama tentang manfaat kunyit untuk tubuh. Kunyit dikatakan mampu menjaga kesehatan kulit hingga menstabilkan kondisi mental.

Berikut ini 7 manfaat kunyit untuk kesehatan menurut Doctor NDTV (22/7):

7 Manfaat Sehat Konsumsi Kunyit, Bikin Glowing hingga Cegah DepresiKandungan anti bakteri pada kunyit dikatakan dapat mengatasi jerawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/alexander ruiz

1. Mengatasi jerawat

Kunyit mengandung komponen kurkumin yang khasiatnya sudah terbukti secara ilmiah melalui berbagai penelitian terpercaya. Kunyit dan olahannya dikatakan memiliki manfaat terapeutik yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Kunyit juga disebutkan mengandung kurkuminoid yang merupakan komponen anti inflamasi, antibakteri dan antioksidan. Kandungan ini yang kemudian disebutkan dapat membantu mengatasi permasalahan jerawat pada wajah.

2. Mengurangi tanda penuaan

Rempah yang berasal dari akar-akaran ini juga dikenal dengan khasiatnya menjaga keelastisan kulit. Konsumsi kunyit secara rutin dikatakan dapat membantu fleksibilitas kulit terutama yang begitu dipengaruhi oleh penuaan.

Khasiatnya tersebut dikatakan cocok untuk menjaga kulit dari keriput wajah dan menjaganya dari tanda-tanda penuaan yang mulai terlihat seiring bertambahnya usia. Selain itu kunyit juga dapat menjaga hingga meningkatkan kekenyalan pada kulit.

3. Mencegah kerusakan akibat sinar matahari

Tidak hanya harus dipenuhi nutrisinya, kulit juga harus dijaga dari paparan kondisi lingkungan jika kesehatannya ingin terjaga. Terutama sorotan sinar matahari yang mengandung ultraviolet begitu tinggi.

Dampak dari paparan sinar matahari yang berlebihan ini dapat menyebabkan penuaan dan berbagai kerusakan yang mungkin terjadi pada kulit. Konsumsi kunyit disebut-sebut dapat menjadi senjata untuk meminimalisir dampak buruk dari sorotan matahari terhadap kulit.

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT