ADVERTISEMENT

Hampir Rugi! Restoran Ini Ditipu dengan Modus Pesan Menu Termahal

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 27 Jul 2022 19:30 WIB
Restoran hampir rugi karena ada penipu yang modus pesan makanan termahal
Foto: 8days.sg / Yip Jieying
Jakarta -

Sebuah restoran hampir saja mengalami kerugian besar karena mendapat telepon penipuan. 'Pelanggan' itu menipu dengan modus ingin pesan makanan termahal.

Modus penipuan begitu beragam dan masih terus terjadi sampai saat ini. Terbaru, ada penipu menelpon restoran untuk melakukan pemesanan besar dengan permintaan menu termahal.

Kejadian penipuan tak hanya dialami oleh pelanggan, tetapi restoran juga sering mengalaminya. Seperti yang baru terjadi di salah satu restoran di Singapura, Fortune Court.

Restoran China yang terletak di Chinatown itu hampir saja merugi. Melansir 8days.sg (23/07), salah satu pemilik dan manajer restoran Fortune Courte mengungkap belum lama ini mereka mendapat telepon dari seorang pelanggan yang ingin melakukan reservasi besar.

Restoran hampir rugi karena ada penipu yang modus pesan makanan termahalSalah satu pemilik dan manajer restoran Fortune Courte mengungkap belum lama ini mereka mendapat telepon dari seorang pelanggan yang ingin melakukan reservasi besar. Foto: 8days.sg / Yip Jieying

Pelanggan itu memesan tiga meja untuk disiapkan keesokan harinya. Mereka juga meminta disiapkan menu termahal, termasuk tiga kepiting besar.

"Pelanggan ini ingin memesan tiga meja keesokannya dan bertanya kepada saya untuk memberinya menu termahal, termasuk kepiting raksasa," ucap Connie Chee kepada 8 days.

Tak berhenti di sana, penipu yang awalnya dianggap pelanggan ini juga meminta kepada Connie untuk dipesankan wine termahal dari supplier yang dia pilih.

Pihak restoran diharuskan untuk mentransfer di muka ke nomor rekening yang sudah disediakan oleh penelpon.

Mendengar hal itu, Connie pun mulai menyadari suatu hal ganjil. Connie mengaku senang dengan reservasi dalam jumlah besar itu. Mungkin memang pemesanan besar itu bisa menjadi rezeki bagi pihak restoran. Tetapi segala ucapan pelanggan tampaknya sangat mencurigakan

Akhirnya dia memberi syarat kepada pelanggan untuk membayar deposit terlebih dahulu.

Kepada pelanggan dia mengungkap, "Kami biasanya mengharuskan deposit terlebih dahulu sekitar $100 SGD (Rp 1 juta) per meja untuk pemesanan yang besar, kecuali pengunjung langganan."

Tindakan ini dilakukan oleh Connie karena memang kejadian penipuan sedang marak terjadi pada bisnis kuliner

Connie mengaku dirinya juga sempat menanyakan langsung kepada penelpon apakah mereka seorang scammer. Tetapi setelahnya, pelanggan yang berpura-pura langsung menutup teleponnya.

Restoran hampir rugi karena ada penipu yang modus pesan makanan termahalConnie mengaku dirinya juga sempat menanyakan langsung kepada penelpon apakah mereka seorang scammer. Tetapi setelahnya, pelanggan yang berpura-pura langsung menutup teleponnya. Foto: 8days.sg / Yip Jieying

Beruntungnya, Connie menyadari gerak-gerik licik yang dilakukan oleh penipu ini. Dia mengungkap bahwa biasanya pelanggan tidak pernah melakukan reservasi dalam waktu dekat.

Sementara setelah penipu itu mematikan telepon, mereka juga tidak memberikan keterangan lanjutan. Karena Connie merasa bahwa pelanggan yang benar-benar menginginkan reservasi pastinya akan menelpon kembali.

Pesanan yang besar selalu menjadi kesempatan yang baik bagi restoran ini. Connie mengungkap bahwa jika ada pesanan seperti itu, jika diakumulasi, dari setiap meja bisa meraup keuntungan Rp 7 juta hingga Rp 8 juta sendiri.

Tetapi sayangnya, tak semua pelanggan memiliki niatan yang baik. Pihak restoran harus berhati-hati agar pesanan besar itu tidak berubah menjadi kerugian.



Simak Video "Sensasi Unik Menyantap Hidangan di Sungai Ditemani Ikan"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT