ADVERTISEMENT

Kenikmatan Makan Langsung Pakai Tangan

Selain Lebih Alami, Makan Pakai Tangan Juga Banyak Manfaat Sehatnya

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 27 Jul 2022 16:00 WIB
Makan pakai tangan
Foto: iStock
Jakarta -

Bagi orang Indonesia makan pakai tangan sudah menjadi tradisi. Selain lebih nikmat, makan pakai tangan langsung juga banyak manfaatnya.

Setiap negara memiliki tradisi tersendiri saat makan. Seperti China, Jepang dan Korea yang biasa makan pakai sumpit atau Inggris yang biasa menggunakan garpu dan pisau.

Indonesia pun demikian. Tradisi makan di Indonesia adalah makan pakai tangan langsung alias tanpa sendok dan garpu. Namun, makan pakai tangan juga disesuaikan dengan jenis makanannya.

Seperti saat makan nasi Padang misalnya. Bagi orang Indonesia makan nasi pakai lauk kering akan terasa lebih nikmat, seolah cita rasa makanan bertambah sendirinya.

Baca Juga: Bukan Pakai Tangan, Wanita Ini Makan Nasi Padang pakai Kuku Super Panjang

Makan pakai tanganMakan pakai tangan sudah ada sejak zaman dulu, dibawa oleh masyarakat Jawa dan Sumatera. Foto: iStock

Dikutip dari GNFI (07/09) tradisi makan pakai tangan ini sudah ada sejak zaman dulu. Dilakukan oleh masyarakat Jawa dan Sumatra yang kemudian diwariskan secara turun temurun.

Ternyata hal tersebut ada penjelasan secara ilmiahnya, seperti yang dijelaskan oleh studi yang diterbitkan dalam Journal of Retailing tahun 2020.

Menurut studi tersebut, menyentuh makanan pakai tangan dan jari memang bisa membuat makanan lebih nikmat. Hal itu dibuktikan dengan melakukan eksperimen saat memakan keju.

Ada peserta yang makan keju dengan tusukan pemegang keju. Ada pula yang makan keju langsung pakai tangan dan rata-rata mengatakan rasa kejunya lebih enak.

Lebih lanjut, peneliti di sana juga menyebutkan bahwa sentuhan langsung bisa memicu respon indera yang lebih tinggi, sehingga makanan terasa lebih menarik dan nikmat.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Pakai Tangan, Lebih Sehat Dibandingkan Pakai Sendok

Makan pakai tanganTak hanya jadi lebih nikmat, ternyata makan pakai tangan pun memiliki manfaat kesehatan. Foto: iStock

Tak hanya jadi lebih nikmat, ternyata makan pakai tangan pun memiliki manfaat kesehatan, lapor Times of India (10/5). Salah satunya dapat melancarkan sirkulasi darah.

Gerakan mengaduk makanan atau memotong makanan secara konsisten menggunakan tangan bisa membuat sendi pada jari dan tangan bergerak terus menerus.

Selain itu, juga bisa menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah diabetes. Makan pakai tangan juga merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW dan lebih spesifik yakni pakai tiga jari.

Seperti yang disebutkan dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Ka'ab bin Malik berkata: "Aku melihat Rasulullah SAW makan dengan tiga jari. Setelah selesai (makan), beliau menjilati jari-jemarinya,".

Baca Juga: Sunnah Rasulullah SAW, Makan Memakai Tangan Juga Jadi Tradisi di Indonesia



Simak Video "Penampakan Pisang Rojo Sewu yang Panjangnya 2 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT