ADVERTISEMENT

5 Manfaat Makan Pakai Tangan, Lebih Sehat Dibandingkan Pakai Sendok

Devi Setya - detikFood
Kamis, 12 Mei 2022 11:30 WIB
Ilustrasi makan pakai tangan
Foto: Getty Images/rudi_suardi

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Tangan, perut, dan usus kita adalah rumah bagi beberapa bakteri baik yang dapat melindungi kita dari berbagai penyakit. Ketika sistem pencernaan sehat maka kekebalan tubuh pun akan meningkat sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Makan dengan tangan membantu bakteri baik ini masuk ke tubuh kita dan melindungi sistem pencernaan. Pastikan sebelum makan menggunakan tangan, kamu sudah mencuci tangan hingga bersih. Gunakan sabun dan air mengalir agar tangan dipastikan bersih sebelum menyentuh makanan.

Ilustrasi makan pakai tanganIlustrasi makan pakai tangan Foto: Getty Images/rudi_suardi

5. Dapat mencegah diabetes

Makan dengan sendok dan alat makan lainnya berhubungan dengan gerakan makan yang lebih cepat. Hal ini dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh.

Makan dengan cepat bisa menimbulkan diabetes tipe-2. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition, orang dengan diabetes tipe-2 lebih cenderung memiliki kebiasaan makan dengan cepat dibandingkan dengan orang tanpa kondisi tersebut.

Dengan demikian terbukti bahwa makan dengan tangan dapat memperlambat proses makan sehingga mampu mencegah risiko diabetes. Namun perlu juga memperhatikan jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi.



Simak Video "Sensasi Sajian Kelapa Muda yang Dibakar"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT