ADVERTISEMENT

Mayonnaise hingga Saus Tomat, Ini 5 Fakta Menarik 'Condiment' Favorit

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 27 Jul 2022 08:00 WIB
Fakta mengejutkan dibalik bumbu condiment makanan
Foto: Getty Images
Jakarta -

Beberapa makanan lebih enak saat ditambah bumbu pelengkap (condiment). Variasi bumbu mulai dari saus tomat hingga mayonnaise disukai. Ternyata, ada fakta menarik di baliknya.

Terlepas dari makanan yang kita suka, pastinya sesekali kita melengkapi rasanya dengan tambahan bumbu pelengkap. Seperti hot dog yang membutuhkan saus tomat dan mustard ataupun sushi yang tak lengkap jika tidak dicocol ke shoyu dan wasabi.

Di balik kehadiran saus atau bumbu pelengkap itu ternyata ada fakta menarik yang bisa disimak. Misalnya fungsi lain dari mayonnaise yang kerap dicap buruk untuk kesehatan hingga wasabi yang diragukan keasliannya.

Merangkum ranker.com (07/04), berikut fakta menarik di balik 5 condiment populer:

1. Mayonnaise Bisa Cegah Keracunan Makanan

Fakta mengejutkan dibalik bumbu condiment makananFakta dari penelitian, mayonnaise sebagai bumbu pelengkap yang sering ada di burger hingga salad ini dapat mencegah perkembangan bakteri dalam makanan. Foto: Getty Images

Asal usul mayonnaise masih diperdebatkan. Tetapi banyak orang mengatakan bumbu pelengkap ini berasal dari Spanyol.

Tetapi kata ''mayonnaise" sendiri berasal dari bahasa Prancis. Kata itu diambil dari wilayah kota Menorca di kepulauan Balearic Spanyol yang diduduki oleh Prancis.

Saat ini ada beberapa jenis mayonnaise dengan rasa yang beragam. Terkadang mayonnaise ada yang sedikit asam dan ada juga yang manis.

Sebenarnya mayonnaise hanya mengandung tiga bahan saja yaitu telur mentah, minyak, dan cuka. Bahan telur mentah ini disebut-sebut bisa sebabkan keracunan.

Tetapi banyak dari mayonnaise dibuat secara komersial yang menurut para ahli itu memiliki tingkat PH tinggi sehingga bakteri tidak dapat bertahan hidup.

Sementara fakta dari penelitian, bumbu pelengkap yang sering ada di burger hingga salad ini dapat mencegah perkembangan bakteri dalam makanan. Konsumsinya pun dianggap bisa mencegah seseorang dari keracunan makanan.

2. Saus Tomat Awalnya Saus Ikan

Pada bahasa Inggris, saus tomat lebih dikenal sebagai 'ketchup'. Kata ketchup ini sendiri sebenarnya diambil dari bahasa China yaitu 'Ke-tsiap'.

Saus tomat sudah dikonsumsi di China sejak abad ke-17. Bumbu pelengkap ini awalnya dibuat dari acar ikan, lalu dibawa balik ke Inggris. Di Inggris, saus ini diberi tambahan walnut dan jamur. Tidak ada penambahan tomat sama sekali.

Hingga akhirnya pada tahun 1812, James Mease memperkenalkan saus berbasis tomat pertama yang dia sebut sebagai 'love apples'. Saus tomat H.J. Heinz itu kemudian terkenal hingga saat ini dan banyak digunakan sebagai bumbu pelengkap oleh banyak orang.



Simak Video "Mengintip Kecanggihan Dapur Gelato Modern"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT