ADVERTISEMENT

Budget Makan Anak Kos Sebulan Rp 150 Ribu, Isinya Hanya Beras dan Mie Instan

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 24 Jul 2022 11:00 WIB
Budget Makan Anak Kos Sebulan Rp 150 Ribu, Isinya Hanya Beras dan Mie Instan
Foto: Twitter @Convomfs
Jakarta -

Budget atau alokasi biaya makan untuk anak kos-kosan terbilang penting. Di Twitter, heboh tips biaya makan anak kos sebulan yang hanya Rp 150 ribu saja.

Serba-serbi anak kos tak jauh dari kepintaran anak kos mengatur biaya makan dan pengeluaran, jika uang bulanan sudah tipis. Salah satu yang sering dijadikan penyelamat anak kos ada mie instan yang murah dan enak.

Lewat akun sharing Twitter seputar berbagai isu dan topik media sosial yaitu @convomfs (22/07), ada satu foto kiriman pengguna Twitter yang bersifat anonim.

Foto itu viral, lantaran membahas tentang tips makan satu bulan untuk anak kos yang hanya menelan biaya Rp 150 ribu saja. Jika dihitung perharinya hanya memakan biaya Rp 5 ribu saja.

Baca Juga: Viral Ibu Kos Bagikan Camilan untuk Penghuni yang Lagi UAS" selengkapnya


Tapi isi dari tips makan ini adalah mie instan dan beras saja.

Jika dihitung lewat rinciannya. Harga beras 5 kg ditulis memiliki harga Rp 50.000. Sementara untuk satu kardus mie instan isi 40 bungkus, harganya berkisar Rp 100.000.

Jika ditotal memang hanya Rp 150.000 saja. Nah cara penggunaannya agar lebih hemat dan tidak mengeluarkan biaya apa-apa lagi, adalah diakali.

"Mie instan satu bungkus dimasak dibagi tiga porsi. Kemudian masaknya pakai air dari pemanas air, kalau gak punya pemanas air, minta tetangga yang punya air panas. Setiap makan pakai nasi, dan mie instan yang sudah dibagi tiga menjadi makan pagi, siang dan malam. Selamat mencoba, semangat anak kos!," tulis isi gambar tersebut.

Budget Makan Anak Kos Sebulan Rp 150 Ribu, Isinya Hanya Beras dan Mie InstanBudget Makan Anak Kos Sebulan Rp 150 Ribu, Isinya Hanya Beras dan Mie Instan Foto: Twitter @Convomfs

Tentunya cuitan ini mengundang pro dan kontra di internet. Lebih dari 5 ribu komentar masuk, mendiskusikan apakah benar-benar bisa bertahan dengan pola makan seperti ini.

"Sini gue tanya, di mana ada yang jual beras lima kg harganya Rp 50.000?," tanya @th** penasaran, karena sekarang harga beras cukup mahal di pasaran, dan berkisar Rp 10.000 ke atas per liter untuk beras yang berkualitas.

"Iya cuma Rp 150 ribu per bulan, tapi abis itu ngeluarin duit buat operasi usus buntu. Jangan tolol ih jadi orang, irit bukan berarti mempersulit diri sendiri," kritik @fund**.

Namun ada juga yang menceritakan pengalaman hidup dan makan hemat selama menjadi anak kos.

Budget Makan Anak Kos Sebulan Rp 150 Ribu, Isinya Hanya Beras dan Mie InstanBudget Makan Anak Kos Sebulan Rp 150 Ribu, Isinya Hanya Beras dan Mie Instan Foto:detikcom

"Percaya gak percaya, temanku waktu masih kuliah ngekos sebulan cuma ngabisin Rp 200 ribu untuk makan, karena gak enak minta lagi sama orangtua. Bedanya dia makannya sama gorengan atau nasi kucing, karena depan kos ada angkringan. Tapi liat noh sekarang, anaknya udah bisa hedon karena udah kerja," cerita @hir** yang membuat anak kos lainnya jadi semangat.

Cuitan ini sendiri sudah disukai lebih dari 27,7 ribu kali, dibagikan 1,8 retweet dan mendapatkan lebih dari lima ribu balasan.

Baca Juga: Nasi Soto Ayam Rp 2 Ribu di Kediri, Netizen: Jualan atau Sedekah?" selengkapnya



Simak Video "Mie Sedaap Korean Spicy Chicken Asal RI Ditarik Hong Kong, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT