ADVERTISEMENT

Nasi Soto Ayam Rp 2 Ribu di Kediri, Netizen: Jualan atau Sedekah?

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 05 Jul 2022 11:30 WIB
Penjual soto ayam murah di Kediri, Jawa Timur Rp 2.00 per mangkuk
Foto: TikTok @hassanhans
Jakarta -

Ada penjual soto ayam murah di Kediri, Jawa Timur. Satu porsinya hanya ditawarkan dengan harga Rp 2.000. Netizen mengatakan penjualnya hanya ingin bersedekah.

Soto ayam merupakan makanan khas Indonesia yang mudah sekali ditemukan. Jenis soto ayam juga berbeda di setiap daerahnya. Seperti berkuah kuning khas Lamongan dan ada juga yang bening khas Kudus.

Harga satu porsi ayam biasanya dibanderol mulai dari Rp. 10.000 - Rp 30.000-an. Namun ada satu porsi soto ayam yang harganya jauh di bawah standar.

Seperti soto ayam di warung makan kaki lima yang berada di Kediri, Jawa Timur. Penjualnya diketahui menawarkan dengan harga Rp 2.000 per porsi.

Hadirnya penjual soto ayam murah ini dibagikan dalam video oleh akun TikTok @hahassanhans yang kerap disapa Mas Kasan. Ia mengunggahnya pada 6 Mei 2022 lalu.

"Di tempat kalian duit 2 ribu dapat apa gais?" tulis keterangan dalam unggahan video tersebut.

Penjual soto ayam murah di Kediri, Jawa Timur Rp 2.00 per mangkukPenjual soto ayam murah di Kediri, Jawa Timur Rp 2.00 per mangkuk Foto: TikTok @hassanhans

Baca Juga: Ayam Geprek Bu Rum Disajikan Hancur, Netizen Ribut hingga Bawa Putusan MA

Telah dikonfirmasi oleh detikFood (3/7), kalau adanya penjual soto ayam yang menawarkan harga Rp 2.000 ada benarnya. Mas Kasan juga menjelaskan dalam videonya soal soto ayam itu.

"Guys mas Kasan nemu soto ayam harga 2 ribu perak guys. Letaknya ada di kota Kediri. Sampai mas Kasan cek dandangnya ini soto apa banyu (air) pecelan," ujar Mas Kasan dalam videonya.

Mas Kasan juga memperlihatkan seporsi soto ayam yang komplet, meski harganya kelewatan murah. Satu mangkuk berisikan sedikit nasi, sohun, kol, daun bawang, bawang goreng, dan suwiran ayam.

Soto ayam Rp 2.000 itu kabarnya juga memiliki rasa yang enak. Tak heran kalau banyak yang datang menikmati soto ayam murah ini.

Penjual soto ayam murah di Kediri, Jawa Timur Rp 2.00 per mangkukPenjual soto ayam murah di Kediri, Jawa Timur Rp 2.00 per mangkuk Foto: TikTok @hassanhans

"Ternyata rasanya enak banget cak! Orang-orang yang beli juga banyak lho," ungkap Mas Kasan.

Kepada detikFood, Mas Kasan menjelaskan kenapa harga soto ayam itu bisa dihargai murah. Ternyata, penjualnya berjualan karena memang ada maksud untuk bersedekah.

Baca Juga: Murah Meriah! Di Denpasar Ada Nasi Jinggo Babi Guling Rp 5 Ribu

"Sempat ngobrol sama penjualnnya dan tanya kenapa beliau rela jualan dengan harga murah, terus beliau jawab kalau melakukan sebagai sarana 'bersedekah', dan beliau lakukan hal itu bukan bermaksud merusak harga makanan di pasaran," tutur Mas Kasan.

"Beliau (penjual soto ayam) sengaja menempatkan warungnya di dekat lokasi pondok pesantren, guna membantu anak-anak pesantren dan orang sekitar yang membutuhkan makanan dengan harga murah dan halal," sambung Mas Kasan.

Penjual soto ayam murah di Kediri, Jawa Timur Rp 2.00 per mangkukPenjual soto ayam murah di Kediri, Jawa Timur Rp 2.00 per mangkuk Foto: TikTok @hassanhans

Mas Kasan juga menjelaskan soal porsian soto ayam yang ditawarkan penjual di Kediri itu. "Porsinya cukup kok, tidak sedikit dan juga tidak terlalu banyak. Pokoknya cukuplah untuk mengganjal perut," katanya.

Video penjual soto ayam seharga Rp 2.000 itu viral di TikTok. Sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 610 ribu kali. Komentar yang disematkan netizen juga beragam.

"Mungkin dia jualan cuma buat ngisi waktu," komentar netizen.

"Ini mah sedekah," sahut netizen lain.

"Fix bapaknya jadi penyelamat anak kos," komentar lainnya.

Baca Juga: Viral Bakso Payudara di Asahan, Bikin Pembeli Penasaran!



Simak Video "Bikin Laper: Nikmatnya Soto Ayam Komplet Pakai Ceker "
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT