ADVERTISEMENT

Ayam Geprek Bu Rum Disajikan Hancur, Netizen Ribut hingga Bawa Putusan MA

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 03 Jul 2022 12:30 WIB
Ayam Geprek Bu Rum
Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom
Jakarta -

Ayam geprek asli Jogja bikinan Bu Rum disajikan hancur dengan sambal. Fakta ayam geprek asli ini malah memicu perdebatan di kalangan netizen.

Selain ayam bakar dan ayam goreng, menu ayam geprek mudah ditemukan di mana-mana. Mulai dari kedai makanan kaki lima, sampai brand ayam geprek ternama yang memiliki ratusan cabang di Indonesia.

Ayam geprek sendiri merupakan hidangan ayam goreng tepung layaknya fried chicken khas restoran cepat saji. Hanya saja ayam geprek, digeprek atau dipukul dengan ulekan sampai teksturnya hancur atau remuk, kemudian diaduk dengan sambal bawang.

Namun baru-baru ini video pembuatan ayam geprek di Yogyakarta, yaitu di kedai ayam geprek Bu Rum justru jadi viral di Twitter.

Perdebatan antara ayam geprek yang dihancurkan dengan sambal, atau hanya dioleskan dengan sambal jadi menimbulkan pertanyaan baru. Bagaiamana cara penyajian ayam geprek sebenarnya?

Berikut fakta pembahasan seputar ayam geprek yang ramai diperbincangkan (03/07).

Baca Juga: Ini Ayam Geprek Bu Rum yang Autentik dan Legendaris dari Sleman" selengkapnya


1. Ayam Geprek di Twitter

Resep Ayam Geprek JogjaDebat Penyajian Ayam Geprek di Twitter. Foto: iStock

Berawal dari akun Twitter Gilang Bhaskara (@gilbhas), ia mengunggah video singkat tentang penyajian ayam geprek di kedai Bu Rum 1. Kedai makan sederhana ini sudah ada sejak tahun 2003, dan memang disebut menjadi pelopor menu ayam geprek.

Di dalam video tersebut tampak salah satu pegawai di Bu Rum 1 tengah mengulek potongan ayam goreng tepung dengan telur dadar dan beberapa cabe rawit yang sudah dihaluskan sebelumnya.

Tekstur ayam goreng digeprek hingga hancur dan melebur jadi satu dengan telur dadar dan sambal, hingga bentuk ayamnya sudah hilang dan berubah menjadi serpihan, sebelum disajikan. Siapa sangka video ini mengundang banyak tanya dari netizen.

Banyak yang menyangka ayam geprek yang dihancurkan hingga halus ini merupakan sekte makan ayam geprek yang aneh.

2. Perdebatan Soal Ayam Geprek

Rekomendasi ayam geprek di JogjaIlustrasi ayam geprek di Jogja Foto: Instagram

Menanggapi video penyajian ayam geprek di Kedai Bu Rum 1. Banyak yang bertanya ini sekte makanan apa? Pertanyaan ini membuat netizen berdebat untuk menentukan cara paling benar menyajikan ayam geprek.

"Sekta sekte matamu. Ini merupakan penyajian asli ayam geprek. Lha ayam geprekmu itu yang aliran sesat," sindir @craz**, yang mengarah ke penyajian ayam geprek, namun sambalnya hanya dioles di bagian atas ayam yang masih utuh, dan tidak diaduk seperti di Bu Rum.

"Orang luar Yogyakarta terheran-heran lihat pelopor ayam geprek dari Yogyakarta ini yang gepreknya beneran digeprek, gak dioles sambel doang," komen @sun**.

3. Bu Rum Sebagai Pelopor Ayam Geprek

Ayam Geprek Bu RumAyam Geprek Bu Rum Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom

Banyak netizen di Twitter, terutama orang Yogyakata yang gemas sendiri, melihat banyaknya orang-orang yang aneh melihat ayam geprek Bu Rum. Sampai mereka menceritakan kisah sejarah tentang Bu Rum.

Kedai Bu Rum ini sudah berdiri sejak tahun 2003 di daerah Sleman, dan menjadi kuliner tradisional Yogyakarta yang enak dan murah meriah. Pemiliknya bernama Ruminah atau akrab disapa Bu Rum.

Bu Rum menuturkan, penemuan ayam geprek ini tidak sengaja. Wanita 59 tahun itu mengatakan awalnya ada mahasiswa yang minta untuk dibuatkan sambal. Kemudian sambal ditumbuk dengan ayam goreng tepung.

"Sejarahnya pertama kali jualannya nasi lotek, soto, sayur dan ada ayam goreng tepung. Mungkin pada bosan dengan menu itu terus mereka minta dibikinkan sambel bawang lalu minta ayamnya dipukul, kalau dulu istilahnya belum digeprek," kata Bu Rum ke detikcom (06/2020).

Bu Rum menyebutkan bahawa cara penyajian ayam dengan digeprek memberikan pengalaman rasa yang berbeda. Lambat laun, banyak yang bertanya dan memesan menu serupa. Satu hal yang penting pada proses penggeprekan ini adalah ayam gorengnya itu bener bener digeprek sampai daging ayam tersuwir halus dan tepung crispynya terpisah. Tidak sekedar dipenyet saja.

Jadi dari sinilah acuan netizen di Twitter tentang penyajian ayam geprek paling benar. Karena Bu Rum merupakan penemu pertama makanan sejuta umat yang kini begitu dicintai di Indonesia.



Simak Video "Ayam Geprek Susu, Paduan Pedas Manis yang Menggugah Selera, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT