ADVERTISEMENT

Jajan Enak di Pujasera

Gurih Segar! Soto Banjar Langganan Anies Baswedan di Thamrin10

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 24 Jul 2022 12:00 WIB
5
" Kuahnya gurih creamy dengan isian lengkap bikin puas saat disantap!" - adr
Gurih Segar! Soto Banjar Langganan Anies Baswedan di Thamrin10
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Area lahan luas di tengah kota ini disulap oleh Pemprov DKI Jakarta menjadi kawasan pujasera terpadu. Di sini kamu bisa mencicipi gurih segarnya Soto Banjar dengan racikan bumbu otentik.

Mewadahi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pemerintah provinsi DKI Jakarta menyulap sebuah lahan di tengah kota menjadi kawasan pujasera terpadu. Diberi nama Thamrin10 Food and Creative Park, area pujasera yang memanfaatkan lahan bekas parkir ini menawarkan beragam kuliner.

Didesain lebih kekinian, Thamrin10 juga cocok untuk kamu yang ingin hangout di akhir pekan. Di sini ada setidaknya 54 gerai kuliner yang sebelumnya diseleksi oleh pengelola untuk kemudian bisa menempati spot-spot yang sudah disiapkan.

Salah satu kuliner andalan Thamrin10 adalah Soto Banjar Abang Suhai yang bahkan menjadi makanan favorit para pejabat DKI hingga para menteri. Menyambangi gerai Soto Banjar Abang Suhai (20/7) detikFood sempat berbincang banyak kepada pemiliknya, Suhai.

Suhai atau biasa dipanggil Abang Suhai mengaku area ini begitu disyukuri oleh para pedagang makanan untuk mengembangkan bisnis mereka. Siapa sangka, resep keluarga yang dibawa oleh Suhai ke Jakarta ternyata berhasil dikenal hingga kalangan para pejabat.

Detail Informasi
Nama Tempat MakanSoto Banjar Abang Suhai
AlamatThamrin10, Jalan M.H Thamrin 10, Jakarta Pusat.
Instagramsotokuin_abangsuhai
Jam OperasionalSetiap hari 10.00 - 19.00 WIB
Estimasi HargaRp 35.000 - Rp 55.000
Tipe KulinerTradisional
Fasilitas
  • Makan di tempat
  • Pesan antar
  • Pemesanan jumlah banyak
  • Toilet
  • Area merokok
  • Lahan parkir luas
Gurih Segar! Soto Banjar Langganan Anies Baswedan di Thamrin10Suhai, pemiliknya mengungkapkan bahwa resep yang digunakan adalah resep keluarga yang diwariskan turun menurun. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Keaslian resep yang dipertahankan turun temurun

Menjajakan masakan khas Banjarmasin, Suhai mengaku seluruh resep yang digunakannya adalah resep keluarga yang dijaga secara turun temurun. Sejak dahulu resep Soto Banjar itu jadi menu populer di Banjarmasin yang dijajakan di pasar terapung.

Suhai mengatakan bahwa usaha Soto Banjar milik keluarganya sempat terhenti ketika mendiang ayahnya meninggal. Hingga akhirnya pada tahun 2012 Suhai mengambil alih usaha keluarganya dan membesarkan nama Soto Banjar sampai hari ini.

"Aslinya resep soto Banjar ini dari turunan keluarga kami, khususnya ayah saya. Tetapi kami sempat berhenti berjualan setelah ayah meninggal. Nah, mulai dijalani lagi di tahun 2012 oleh saya sendiri sampai sekarang masih mempertahankan resep tersebut dan tidak ada yang berubah sama sekali," ungkap Suhai kepada detikcom.

Soto Banjar yang yang diboyong oleh Suhai ke ibu kota sendiri ternyata sudah hadir sejak 2017. Bersama para pedagang lain di Pujasera Kuliner BSM, Suhai mulai merintis penyegaran makanan khas Banjarmasin di tengah Jakarta.

Hingga dua tahun setelahnya tepat di tahun 2019 saat Thamrin10 pertama kali beroperasi, Suhai mendapat tawaran untuk mengisi salah satu gerai. Peluang bisnis yang besar untuk menyajikan makanan khas Banjarmasin dilihat menjadi kesempatan yang baik oleh Suhai.

Tidak heran kini, Soto Banjarnya berhasil berkembang pesat dan dikenal banyak orang hingga berbagai kalangan. Bahkan ketika akhir pekan Suhai mengaku tidak hanya orang Jakarta saja yang datang ke sini. Banyak orang dari Tangerang Selatan dan daerah-daerah sekitar Jakarta lainnya yang datang berkunjung.

Jadi langganan Gubernur hingga Menteri

Gurih Segar! Soto Banjar Langganan Anies Baswedan di Thamrin10Tak hanya dinikmati para pengunjung di Thamrin10, Soto Banjar Abang Suhai juga biasa dipesan oleh para pejabat hingga Gubernur DKI Jakarta. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Suhai mengaku awalnya memang melihat peluang bisnis besar untuk menjajakan makanan khas Banjarmasin yang autentik di ibu kota. Tetapi lambat laun ia menyadari bahwa kesempatan ini tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai keuntungan bisnis, tetapi juga ada misi untuk mengenalkan makanan khas Banjarmasin secara luas.

"Salah satu alasan kami membawa Soto Banjar ke Jakarta itu pertama dari peluang bisnis yang besar. Kedua, karena minimnya kuliner Banjarmasin di Jakarta menjadi motivasi kami untuk mengenalkan kuliner khas Banjarmasin di Jakarta. Kami yakin kuliner khas Banjarmasin ini bisa menjadi alternatif santapan di ibu kota," kata Suhai.

Hal ini terbukti dengan popularitas Soto Banjar Abang Suhai yang begitu tersohor. Bahkan Suhai mengatakan dirinya seringkali mendapat pesanan untuk mengisi konsumsi di acara Pemprov hingga pesanan dari menteri-menteri.

"Pak Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta itu beberapa kali pernah datang untuk makan ke sini, katanya oke dan beliau suka. Sampai akhirnya dihubungi oleh divisi konsumsi untuk mengisi acara rapat di kantor mereka," ungkap Suhai.

Tidak hanya Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta yaitu Ahmad Riza Patria yang berasal dari Banjarmasin diketahui juga senang menyantap makanan di sini. Suhai bercerita cukup banyak orang-orang penting hingga para artis yang terus kembali makan di sini.

"Ibu dari Pevita Pearce itu juga salah satu langganan dari kami. Terkadang datang langsung untuk makan atau juga suka memesan untuk acara di kediamannya," ungkap Suhai.

Baru-baru ini Suhai melalui akun Instagram resmi Soto Banjar Abang Suhai juga membagikan momennya saat melayani acara yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI. Dalam video yang diabadikannya tampak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, begitu lahap mencicipi Soto Banjar buatan Suhai.

Gurihnya Soto Banjar dan nikmatnya sate serta mie khasBanjarmasin ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT