ADVERTISEMENT

Natto Viral di Tiktok, Waspadai 2 Hal Ini Bisa Membuat Natto Tidak Halal

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 23 Jul 2022 05:00 WIB
natto rasa kari jepang
Foto: soranews
Jakarta -

Makan natto halal hukumnya jika menggunakan bahan-bahan yang halal. Lantas, bahan apa saja yang bisa membuat natto tidak halal? Ini penjelasan MUI.

Belakangan ini natto ramai diperbincangkan di jagat maya. Natto merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari kacang kedelai fermentasi. Natto memiliki tekstur yang berlendir.

Selain itu, aroma natto juga begitu tajam. Natto ramai dijadikan tantangan makan oleh pengguna TikTok. Karena tekstur dan aromanya, tak sedikit yang tak kuat saat mencicipi natto.

Meskipun terbuat dari bahan nabati yang termasuk dalam daftar tidak kritis, tapi di Indonesia dengan penduduk mayoritas muslim, tentu konsumsi natto masih menjadi pro dan kontra.

Terutama dalam aspek kehalalannya. LPPOM MUI menjelaskan bahwa ada beberapa bagian yang menjadi titik kritis kehalalan natto.

Baca Juga: Kata MUI soal Unsur Haram dalam Warna-warni Makanan

Natto. Japanese food.natto. Japanese food.Jika dilihat dari proses pembuatannya, natto terbuat dari kacang kedelai yang dimasak Foto: iStock

Jika dilihat dari proses pembuatannya,natto terbuat dari kacang kedelai yang dimasak. Hal ini bertujuan untuk membuat spora bakteri mudah penetrasi biji kedelai.

Lalu kedelai ditiriskan dan diberikan nattō-kin berisi bakteri yang didominasi Bacillus subtilis, kemudian disimpan agar terjadi fermentasi. Setelah itu, natto dikemas dan dijual.

Dalam pengemasannya, juga disediakan bumbu seperti kecap asin dan mustard. Banyak yang beranggapan bahwa proses fermentasi menjadi titik kritis kehalalan natto karena bisa menghasilkan alkohol.

Padahal tidak semua proses fermentasi bisa menghasilkan produk samping berupa alkohol. Hal ini pernah dijelaskan dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 10 Tahun 2018 tentang Produk Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol/Etanol.

Disebutkan bahwa produk makanan hasil fermentasi yang mengandung alkohol/etanol hukumnya halal, selama dalam prosesnya tidak menggunakan bahan haram dan apabila secara medis tidak membahayakan.

Baca Juga: Viral di Tiktok, Kenali 7 Khasiat Sehat Natto untuk Otak dan Jantung

Natto. Japanese food.natto. Japanese food.Natto memiliki titik kritis kehalalan yang perlu diwaspadai Foto: iStock

Meski begitu,natto memiliki titik kritis kehalalan yang perlu diwaspadai, seperti yang disampaikan oleh Manager Corporate Communication Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOMMUI),RaafqiRanasasmita, M.Biomed.

Menurutnya, media untuk menumbuhkan bakteri Bacillus dalam proses pembuatan natto menjadi salah satunya. "Secara tradisional, bakteri diambil dari sisa produksi sebelumnya,".

"Namun, pembuatannya bisa saja menggunakan media mikrobiologi. Titik kritis media mikrobiologi terletak pada sumber nitrogen, yang bisa berasal dari ekstrak daging, pepton hidrolisis daging, dan bahan lainnya," ujar Raafqi.

Natto is a Japanese dish made from fermented soybeans. It has a distinctive smell and sticky, stringy texture. It is frequently served over rice, topped with sliced green onions.Nah, asal daging inilah yang perlu ditelusuri berasal dari hewan halal yang disembelih sesuai syariah Islam Foto: Istock

Nah, asal daging inilah yang perlu ditelusuri berasal dari hewan halal yang disembelih sesuai syariah Islam. Titik kritis selanjutnya ada pada bumbu pelengkap.

Bisa saja bumbu pelengkap natto tersebut mengandung bahan non halal, seperti adanya kandungan minuman keras atau kaldu daging yang tidak jelas kehalalannya.

Di Jepang sendiri, penggunaan khamr seperti sake dan mirin lumrah digunakan sebagai campuran masakan. Oleh karena itu, penting bagi konsumen muslim untuk selalu memastikan kehalalan produk.

Untuk memudahkan konsumen muslim, LPPOM MUI menyediakan fitur cek produk halal pada website www.halalmui.org dan aplikasi Halal MUI yang dapat diunduh di Playstore.

Baca Juga: Unik! Kini Ada Natto Rasa Kari Jepang



Simak Video "Penampakan Pisang Rojo Sewu yang Panjangnya 2 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT