ADVERTISEMENT

Semua Chef Berhenti, Pelayan Ini Dipaksa Ikut Bertugas Masak

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 21 Jul 2022 11:30 WIB
Pelayan restoran ini dipaksa ikut masak karena semua chef berhenti
Foto: TikTok @boofketamine
Jakarta -

Seorang pelayan restoran mengunggah video di TikTok berisi kekesalannya. Dia mengaku dipaksa oleh pihak manajemen untuk bertugas masak karena semua pekerja berhenti.

Dampak pandemi Covid-19 memang dirasakan oleh hampir seluruh industri, termasuk restoran. Sejak awal terjadinya pandemi ini, banyak pemilik restoran harus berjuang mempertahankan bisnisnya.

Ditambah dengan tidak adanya pemasukan, banyak pekerja yang akhirnya tidak bisa digaji dengan layak. Alhasil mereka lebih memilih untuk keluar dari pekerjaan itu. Seperti yang terjadi pada restoran ini.

Melansir newsweek.com (19/07), seorang pelayan restoran yang tidak diketahui nama aslinya ini mengunggah video lewat akun TikTok @boofketamine. Video itu menunjukkan dirinya sedang masak pancake.

Dalam klip itu ditulis keterangan bahwa semua chef di restoran berhenti karena manajemen yang buruk. Alhasil dirinya harus ikut bertugas masak sekaligus melayani pelanggan.

Pelayan restoran ini dipaksa ikut masak karena semua chef berhentiDalam klip itu ditulis keterangan bahwa semua chef di restoran berhenti karena manajemen yang buruk. Foto: TikTok @boofketamine

"POV (point of view), kamu adalah pelayan tetapi semua chef berhenti (karena) manajemen yang buruk. Dan kamu harus mulai memasak di meja makan," tulis keterangannya dalam video.

Video menunjukkan pelayan ini bergabung dengan satu orang lain di dapur itu. Dirinya pun terlihat sedang membalikkan pancake pesanan pelanggan.

Video unggahannya itu telah ditonton lebih dari 380 ribu kali. Kolom komentar pun dibanjiri oleh netizen yang juga kesal melihat perlakuan manajemen restoran kepada pelayan ini.

Seorang netizen berpendapat bahwa dirinya lebih memilih tidak melakukan pekerjaan ini dan membiarkan manajemen menderita karena bisnis yang bangkrut. "Aku tidak akan melakukan itu dan membiarkan manajemen menderita karena bisnis menjadi bangkrut," tulisnya.

Sebagai tanggapan, pelayan @boofketamine menjawabnya, "Saya tetap membutuhkan tip saya."

Sementara itu, netizen lain protes dan menyarankan pelayan ini untuk meminta bayaran terpisah. "Kamu lebih baik dibayar terpisah untuk pekerjaan ini," ungkap netizen itu.

Tidak disebutkan nama dan lokasi restoran itu. Namun sepertinya restoran tempat kerjanya adalah restoran IHOP yang merupakan gerai pancake terbesar di Amerika Serikat. Seorang netizen menyadari tempat kerjanya itu dan mengungkapkan pengalaman serupa.

Pelayan restoran ini dipaksa ikut masak karena semua chef berhentiPelayan restoran ini dipaksa ikut masak karena semua chef berhenti Foto: TikTok @boofketamine

Dengan heboh netizen ini curhat, "OMG KAMU BEKERJA DI IHOP??? Aku juga pernah disuruh melakukan hal yang sama dan saya baru saja keluar 2 hari lalu setelah bertahan selama 1 setengah tahun."

Meskipun restoran ini memiliki cabang dimana-mana dan menjadi favorit banyak orang, pandemi Covid-19 membuatnya tidak bisa bertahan.

Pihak manajemen restoran pun tidak bisa mengelola bisnis ini dan mengatur para pekerja dengan baik. Dampaknya ada pelayan yang diharuskan untuk bekerja ekstra demi mempertahankan bisnis tersebut.

Banyak komentar netizen yang menyuruh pelayan ini untuk berhenti. Namun wanita tersebut menanggapinya dengan mengatakan, "Ada 1000 hal yang terjadi dalam hidup saya dan saya tidak bisa berhenti dan mencari pekerjaan baru dalam waktu dekat."

Beruntungnya pelayan ini mendapat tip lebih tinggi dari para pelanggan setelah mereka mengetahui pekerjaan yang dilakukan olehnya tidak mudah.



Simak Video "Mobil di AS Tabrak Restoran, 2 Wanita Tewas "
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT