ADVERTISEMENT

Mirip Seperti Karpet, Sup Tahu Ini Terdiri dari 3,6 Ribu Irisan Tahu Tipis

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 20 Jul 2022 19:30 WIB
Mirip Seperti Karpet, Sup Tahu Ini Terdiri dari 3,6 Ribu Irisan Tahu Tipis
Foto: OddityCentral
Jakarta -

Bukan sembarang sup tahu biasa. Sup tradisional khas Huaiyang ini, terdiri dari satu tahu sutera yang diiris menjadi 3,6 ribu irisan yang tipis.

Berbeda dengan tahu biasa, tofu atau tahu sutera dikenal sebagai jenis tahu yang lebih lembut dan biasanya digunakan untuk aneka hidangan khas China. Salah satunya di budaya kuliner Huaiyang, yang ada di China.

Dilansir dari OddityCentral (20/07), nama sup ini dikenal dengan nama Hydrangea, dan tak sembarang orang bisa membuat hidangan sup ini. Karena dibutuhkan ketangkasan dan keahlian yang tinggi dalam mengiris tahu menjadi irisan tipis, hingga menyerupai benang.

Baca Juga: Lousifen, Sup Paling Busuk Aromanya Tapi Lezatnya Bikin Nagih" selengkapnya


Sup Hydrangea sekilas tampilannya mirip seperti sup bening pada umumnya. Namun yang menarik perhatian adalah bagian isi dari tofu atau tahu yang terdapat di dalamnya.

Tahu ini bentuknya mirip seperti permukaan karpet berbulu yang tebal. Bagi orang awam, mungkin mereka berpikir kain yang direbus ke dalam sup. Padahal bentuk karpet hingga handuk ini terdiri dari satu kotak tahu jenis tofu, yang diiris menggunakan pisau yang sangat tajam.

Mirip Seperti Karpet, Sup Tahu Ini Terdiri dari 3,6 Ribu Irisan Tahu TipisMirip Seperti Karpet, Sup Tahu Ini Terdiri dari 3,6 Ribu Irisan Tahu Tipis Foto: OddityCentral

Irisan ini jumlahnya mencapai 3,600 irisan, ketika direndam dengan kuah sup yang berasal dari kaldu ayam, tekstur tofu akan bergoyang seperti rumput laut.

Tentunya ada tantangan tersendiri untuk mebuat sup Hydrangea, karena irisan tahu harus sangat tipis, atau bisa membuat bentuk tofu menjadi hancur berantakan. Karena yang ingin ditonjolkan dalam sup ini adalah ilusi bunga dari irisan tahu.

Hidangan ini ternyata sudah ada sejak 1,500 tahun lalu, dari era Sun dan Yuan Dinasti (581-1368). Sementara untuk budaya kuliner Huaiyang, asal usulnya berasal dari kota Huai'an, Yangzhou hingga Zhenjiang di Provinsi Jiangsu.

Mirip Seperti Karpet, Sup Tahu Ini Terdiri dari 3,6 Ribu Irisan Tahu TipisMirip Seperti Karpet, Sup Tahu Ini Terdiri dari 3,6 Ribu Irisan Tahu Tipis Foto: OddityCentral

Huaiyang memang terkenal dengan seni masakan yang menggunakan banyak skill atau keahlian memotong dengan pisau.

Seperti chef bernama Chen Xiaohe, yang merupakan executive chef di restoran '10 Shanghai' yang populer dengan kuliner Huaiyang di Hong Kong.

Menurutnya ia membutuhkan waktu sekitar 3-6 tahun untuk membuat sup Hydrangea yang sempurna.

"Kenapa kita harus membuat 3,600 irisan tahu? karena itu untuk membuat tekstur yang memuaskan. Jadi ketika orang makan, orang akan bertanya apakah ini benar tahu? Ketika dimakan, teksturnya juga tidak mirip seperti tahu. Mirip seperti benang yang sangat lembut, dan penuh rasa gurih dari kaldu ayam," pungkas Xiaohe.

Menurut Xiaohe, selain pakai kuah kaldu ayam dan tahu. Sup Hydrangea juga biasa disajikan dengan daging kepiting dan irisan jamur shiitake.

Baca Juga: Resep Sup Jagung Telur ala Restoran Chinese Food yang Lezat" selengkapnya



Simak Video "Cita Rasa Gurih Asin Chinese Food Tio Ciu 78"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT