ADVERTISEMENT

Ikan 'Sultan' Berakhir di Wajan

Harganya Puluhan Juta Rupiah, Banyak Ikan 'Sultan' Nasibnya Berakhir di Wajan

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 20 Jul 2022 16:00 WIB
Ikan arwana goreng.
Foto: Bima Bagaskara/detikJabar
Jakarta -

Harga ikan-ikan mahal bisa mencapai puluhan rupiah per ekornya, tentu fungsinya sebagai ikan hias. Tapi ada beberapa ikan 'sultan' yang justru berakhir di wajan penggorengan.

Membicarakan ikan, hidangan laut satu ini memang banyak varietasnya dan tak terhitung jumlahnya. Namun ada ikan yang biasa dikonsumsi menjadi lauk dan masakan, sementara ada ikan yang dipelihara sebagai ikan hias.

Ikan hias ini biasanya memiliki harga yang cukup tinggi, perawatannya pun tak bisa sembarangan. Salah satu ikan hias dengan harga fantastis yang banyak dipelihara di Indonesia menjadi ikan hias ada ikan arwana, ikan louhan, ikan koi, ikan cupang dan masih banyak lagi.

Namun beberapa ikan justru dijadikan makanan dan digoreng di dalam wajan. Misalnya kisah viral ikan arwana seharga Rp 15 juta yang digoreng oleh pengguna Twitter @lerkvd asal Indonesia.

Kelaparan Sendirian di Rumah, Orang Ini Nekat Goreng Ikan Arwana MahalKelaparan Sendirian di Rumah, Orang Ini Nekat Goreng Ikan Arwana Mahal Foto: Site


Baca Juga: Bikin Netizen Geger, Pria Ini Masak Ikan Arwana Seharga Rp 15 Juta!" selengkapnya

Dirinya viral di tahun 2020 lalu, setelah menggoreng ikan arwana jenis Black Golden yang kisaran harganya ditaksir mencapai Rp 15 juta. @lerkvd menyebut agenda masak ikan 'sultan' ini sebagai pengisi waktu luang di rumah saja saat awal pandemi.

Begitu juga aksi nyeleneh dari pria asal China, yang viral beberapa waktu lalu setelah memasak ikan arwananya yang memiliki kisaran harga Rp 67 juta, menjadi ikan kukus dengan aneka bumbu rempah yang enak.

Selain ikan arwana, ikan koi yang terkenal karena coraknya yang cantik juga dijadikan masakan. Seperti kisah viral yang terjadi di Taiwan beberapa waktu lalu.

Di mana seekor ikan koi berukuran besar yang harganya ditaksir mencapai (Rp 47 juta), berakhir jadi ikan goreng untuk makan siang satu keluarga di Taiwan.

Bikin Nyesek! Puluhan Ikan Cupang Ini Digoreng Krispi Buat DimakanBikin Nyesek! Puluhan Ikan Cupang Ini Digoreng Krispi Buat Dimakan Foto: Instagram @ikanparet_id

Video singkat proses penggorengan ikan koi ini ditonton lebih dari satu juta kali. Banyak netizen yang geram karena ikan koi itu harus berakhir di penggorengan. Tapi banyak juga yang mengatakan bahwa ikan koi punya tekstur daging yang empuk.

Kemudian ada aksi viral pengguna TikTok bernama Dienullah asal Indonesia, yang mengunggah video dirinya makan ikan louhan yang sudah dibalut tepung goreng krispi. Ikan louhan termasuk jenis ikan sultan, karena harganya bisa mencapai belasan juta rupiah.

Terakhir ada ikan cupang. Ikan cupang yang sempat naik daun dan diminati banyak orang, juga memiliki harga yang fantastis tergantung jenisnya.

Ikan kecil dengan warna-warni cantik ini kembali menarik perhatian, setelah seorang netizen memutuskan untuk menggoreng puluhan ikan cupang ini.

Lewat akun Instagram @ikanparet_id, beredar foto-foto puluhan ikan cupang yang dilapisi tepung serbaguna sebelum digoreng. Tentu saja foto-foto ini berhasil membuat penggemar ikan cupang nyesek.

Apalagi kisaran harga ikan cupang yang lumayan mahal. Di mana kisaran harganya dimulai dari Rp 40.000 sampai Rp 20 juta per ekornya.

"Nunggu ada yang bikin wader goreng dari ikan cupang Blue Rim. Makanan sultan itu," komen salah satu netizen setelah melihat penampakan ikan cupang krispi ini.

Nah, dari kumpulan kisah-kisah di atas, masih banyak informasi seputar ikan-ikan mahal yang berlabelkan 'sultan' berakhir di atas wajan. Untuk itu simak terus artikel menarik lainnya di detikFood.

Baca Juga: Gegara Akuarium Tak Dibersihkan, Istri Ini Tega Goreng Ikan Arwana Mahal Milik Suami



Simak Video "Makan di Warung Tenda Nolda Pocha Berasa Jadi Peran Drakor"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT