ADVERTISEMENT

5 Fakta The Cave, Restoran Dalam Gua di Bali yang Ditutup

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 20 Jul 2022 12:30 WIB
5 Fakta The Cave, Restoran Dalam Gua di Bali yang Ditutup
Foto: Instagram/thacavebali
Jakarta -

Sebuah restoran di Bali punya konsep yang unik karena beroperasi di dalam gua. Sayangnya restoran ini telah berhenti beroperasi. Ini fakta-faktanya.

Menawarkan sensasi yang unik, sebuah restoran di Bali berlokasi di dalam sebuah gua. Restoran ini dihiasi secara alami oleh stalaktit yang terbentuk akibat proses alam.

Pengalaman unik yang ditawarkannya membuat banyak pelanggan tertarik untuk mengunjungi restoran tersebut. Sayangnya restoran ini harus berhenti beroperasi setelah dilakukan peninjauan langsung oleh Satpol PP Kabupaten Badung, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Bali.

Mengutip melalui detikTravel (20/7) hal ini lantaran tidak ada izin resmi atas restoran yang menggunakan kawasan gua yang masih dalam kajian banyak pihak terkait. I Gusti Agung Ketut Suryanegara, selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung mengungkapkan masih ada kemungkinan untuk restoran ini kembali beroperasi.

Berikut ini 5 fakta The Cave, restoran dalam gua yang dilarang beroperasi di Bali:

5 Fakta The Cave, Restoran Dalam Gua di Bali yang DitutupDibawah naungan Hotel The Edge Bali, restoan The Cave mulai beroperasi sejak 19 Mei 2022. Foto: Instagram/thacavebali

1. Buka Sejak 19 Mei 2022

Sebelum menjadi sebuah restoran, gua ini ditemukan sejak tahun 2014 silam. Awalnya gua ini masih terlantar dan tidak diketahui bentuk pemanfaatan area yang akan dilakukan.

Hingga akhirnya pengelola The Cave berpikir untuk memanfaatkannya sebagai suatu restoran. Setelah itu mulai dilakukan persiapan untuk menyulap area gua menjadi tempat makan yang nyaman.

Hingga akhirnya tepat pada tanggal 19 Mei 2022, gua ini mulai menyajikan makanan dan minuman serta melayani para tamu yang datang. Menurut keterangan pengelolanya, sejauh ini sudah ada 200 pelanggan lebih dan bahkan restoran ini juga sudah penuh reservasi hingga akhir bulan Juli 2022.

2. Menampung 22 tamu

Menjadi bagian dari hotel The Edge Bali, gua yang disulap menjadi restoran ini berada tepat di halaman hotel. I Ketut Sumatra selaku tim dari The Edge Bali mengungkapkan bahwa restoran The Cave hanya menampung 12 tamu di dalamnya.

Faktanya ditemukan 22 kursi dan meja untuk menampung para tamu yang jumlahnya hampir dua kali lipat daripada yang diungkapkan. Selain itu di restoran ini juga dilengkapi dengan meja bar yang terbagi pada sisi kanan dan kirinya.

Kursi-kursi dan meja bar di dalam restoran ini juga didesain begitu mewah dengan penataan yang sangat rapi. Untuk bisa masuk ke dalam restoran ini juga sudah disediakan anak tangga yang melingkar yang konon jumlahnya mencapai 31 anak tangga.

Fakta tentang restoran di dalam gua lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Seafood Sambil Menikmati Sunset di Pantai Jimbaran"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT