ADVERTISEMENT

Legit Creamy Durian

5 Jenis Durian Premium Jawa Timur, Ada Durian Favorit Jokowi

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 18 Jul 2022 17:00 WIB
Minum air pakai wadah kuilt durian
Foto: iStock
Jakarta -

Tak kalah dengan daerah lain, Jawa Timur juga punya varietas durian yang lezat. Mulai dari durian ripto trenggalek favorit presiden hingga durian merah.

Di Jawa Timur ada juga berbagai macam varietas durian yang populer. Daerah Jawa Timur terkenal sebagai penghasil durian berkualitas yang manis dan legit.

Di saat musim panen yang biasanya berlangsung pada bulan Februari hingga September, daerah Jawa Timur sendiri bisa memproduksi lebih dari 100 ribu ton durian.

Meskipun terkenal dengan kenikmatannya, tetapi beberapa varietas durian di Jawa Timur juga memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari rasa hingga harga.

Berikut adalah 5 jenis durian yang berasal dari Jawa Timur:

1. Durian Ripto Trenggalek

Trenggalek Punya Wisata Jelajah Hutan Sambil Berburu Buah SegarTrenggalek Punya Wisata Jelajah Hutan Sambil Berburu Buah Segar Foto: (Adhar Muttaqin/detikcom)

Durian jenis ripto trenggalek menjadi salah satu varietas paling khas Trenggalek. Awalnya penamaan ini diambil dari penanamnya yaitu almarhum Suripto yang merupakan warga desa daerah tersebut.

Pohon durian hasil tanamnya telah memiliki lingkar batang yang panjang dan berhasil menghasilkan durian berkualitas. Durian ini memiliki keunggulan dari sisi daging buah berwarna kuning tua yang tebal ditambah tekstur nya lembut.

Soal rasa tidak perlu dipertanyakan, karena durian jenis ripto trenggalek memiliki rasa yang manis dengan biji yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan jenis durian lainnya.

Bahkan disebut-sebut durian jenis ripto Trenggalek merupakan varietas yang digemari oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Harga durian ripto Trenggalek bermacam-macam. Tetapi biasanya jenis durian ini dihargai mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

2. Durian Gencono

Wajib Cicip! Durian Gencono, Primadona dari Lereng Gunung Semeru yang Creamy LegitWajib Cicip! Durian Gencono, Primadona dari Lereng Gunung Semeru yang Creamy Legit Foto: Nur Hadi Wicaksono

Durian gencono banyak tumbuh subur di kampung durian yang terletak pada daerah lereng gunung Semeru, tepatnya di Desa Jambekumbu, kecamatan Pasrujambe, Lumajang.

Kelebihan durian ini dengan jenis lain yaitu rasanya yang manis pahit. Durian gencono juga memiliki daging buah yang tebal. Untuk kualitas dari durian gencono tidak perlu diragukan lagi karena semua duriannya masak pohon.

Jika musim panen tiba, banyak orang dari luar Jawa pun menyerbu jenis durian ini.

Harga durian gencono berbeda tergantung ukuran dan kualitas. Biasanya durian gencono dibanderol mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 150 ribu.



Simak Video "Keistimewaan Durian Gencono di Lereng Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT