Biar Tidak Zonk, Begini 5 Cara Pilih Durian yang Manis dan Enak

ADVERTISEMENT

Legit Creamy Durian

Biar Tidak Zonk, Begini 5 Cara Pilih Durian yang Manis dan Enak

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 18 Jul 2022 11:00 WIB
Cara memilih durian yang berkualitas tinggi
Foto: Getty Images
Jakarta -

Durian menjadi buah yang banyak digemari, namun tak sedikit orang keliru memilih durian sehingga dapat yang pahit. Untuk menghindarinya, coba terapkan cara ini.

Banyak orang suka durian karena rasanya yang manis legit. Namun karena daging buah durian 'dilapisi' dengan kulit tebal dan berduri, orang yang membeli pun sulit untuk mengetahui kualitasnya.

Mereka pastinya harus membuka kulitnya terlebih dahulu sebelum bisa mencicipi, tetapi praktik ini tak selalu bisa dilakukan.

Pasalnya sebagian besar pedagang mengharuskan pembeli untuk membayarnya dulu dengan harga yang tentu tidak murah.

Meskipun ada beberapa jenis durian yang terkenal manis, namun itu juga tidak bisa menjadi tolok ukur bahwa rasanya pasti lezat.

Mencari buah durian berkualitas tinggi memang cukup sulit. Tetapi ternyata ada beberapa cara yang bisa memudahkan kita agar tidak tertipu dengan daging durian itu.

Dirangkum dari Michelin Guide (06/06/2019), berikut cara terbaik memilih durian berkualitas menurut pakar durian, Charles Phua.

1. Kelupas Batangnya

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menentukan kualitas durian yang baik yaitu dengan mengelupas batangnya.

Cobalah untuk mengelupasnya dengan lembut menggunakan ujung jari. Jika hal ini tidak perlu usaha banyak dan warna yang muncul hijau daun, itu menunjukkan bahwa durian telah jatuh dari pohon dalam waktu 24 jam terakhir.

Namun jika batang masih menunjukkan warna yang gelap, tandanya durian telah dipanen lebih lama.

Jika memang penjual membiarkan pembeli untuk mengecek sendiri, kamu bisa coba mengelupas batang durian dengan pisau. Pilih yang batangnya masih berwarna hijau cerah.

2. Cium Aroma Durian

Cara memilih durian yang berkualitas tinggiPhua menjelaskan untuk mencium bau durian yang dekat dengan batang karena kulit bagian atas jauh lebih tipis dibandingkan bagian bawah. Foto: Getty Images

Meskipun hampir seluruh durian memiliki aroma yang cukup tajam, namun ternyata baunya bisa menandakan kualitas durian yang berbeda.

Phua menjelaskan untuk mencium bau durian yang dekat dengan batang karena kulit bagian atas jauh lebih tipis dibandingkan bagian bawah. Dengan cara ini, maka aroma durian bisa menembus lebih mudah.

Jika aromanya segar dan mengingatkan pada dedaunan, itu tandanya daging buah durian manis. Jika ada bau yang sedikit menyengat, itu bisa mengartikan ada rasa pahit pada daging buahnya.

Lalu jika durian tidak mengeluarkan bau, berarti belum matang. Sebaliknya, jika aromanya terlalu menyengat, itu pertanda buahnya terlalu matang.



Simak Video "Manis Legit Durian Mentega Khas Lereng Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT