ADVERTISEMENT

Di Tengah Tren Natto, TikToker Ini Bikin Sendiri Buat Stok

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 17 Jul 2022 18:00 WIB
TikToker bagikan cara membuat natto
Foto: TikTok @naktekpang
Jakarta -

Natto tengah viral dan menjadi tren makanan baru di TikTok. Bukan mengikuti tren natto yang ada, TikToker ini justru membagikan tutorial membuat natto untuk stok.

Natto merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari kacang kedelai fermentasi. Bagi orang Jepang, natto merupakan makanan yang lezat dan sehat. Biasanya dinikmati dengan nasi hangat saat sarapan.

Seperti makanan fermentasi lainnya, natto memiliki rasa asam dengan aroma yang menyengat. Untuk sebagian orang yang tak menyukainya, natto ini dianggap memiliki aroma busuk.

Tren makan natto sedang viral di TikTok. Netizen Indonesia yang baru pertama kali mencoba natto menunjukkan reaksinya. Reaksi mereka beragam, ada yang biasa saja hingga muntah karena rasa natto tak enak.

Baca Juga: 5 Fakta Natto, Fermentasi Kedelai Berlendir yang Viral di TikTok

TikToker bagikan cara membuat nattoTikToker bagikan cara membuat natto Foto: TikTok @naktekpang

TikToker bernama Dennis yang dikenal sebagai lulusan Teknik Pangan ini bukan mengikuti tren makan natto, melainkan membagikan tutorial membuat natto sendiri untuk stok. Dennis mengunggah videonya ke TikTok dan viral.

Dennis tampak menyiapkan sekitar 1 kilogram kacang kedelai yang telah direndam semalaman. Lalu, kacang kedelai itu dikukus selama 2 jam sampai empuk.

Kacang kedelai kukus didinginkan terlebih dahulu sampai agak hangat. Setelah itu airnya ditiriskan dan dipindahkan ke wadah lain. Kemudian, Dennis mencampurkan kacang kedelai kukus itu dengan setengah bungkus natto dan dicampur sampai merata.

TikToker bagikan cara membuat nattoTikToker bagikan cara membuat natto Foto: TikTok @naktekpang

"Cuma butuh setengah nattonya dan ini buat diaduk rata ke kacang-kacangannya. Kalau udah, ditutup dengan alumunium foil dan dilubangin kayak gini (pakai tusukan atau garpu)," ujar Dennis dalam videonya.

Kacang kedelai yang telah dicampurkan natto itu lalu dipanaskan kembali dalam rice cooker seharian dengan suhu 30 derajat Celcius. Dennis menggunakan rice cooker yang bisa membuat yogurt.

Baca Juga: Es Semangka India, Belajar dari YouTube Sampai Beromzet Rp 3 Juta Sehari

Setelah seharian, Dennis kembali masuk ke laboratorium di rumahnya untuk mengecek natto buatannya. Dennis mengatakan kalau ruangan itu sudah beraroma asam mirip kaos kaki.

TikToker bagikan cara membuat nattoTikToker bagikan cara membuat natto Foto: TikTok @naktekpang

Natto buatan Dennis terlihat sempurna. Warna kacang kedelainya jadi agak pucat dengan balutan cairan berlendir di seluruh permukaannya.

Saat Dennis mengaduknya, benar saja lendir itu sangat lengket. Natto itu tak langsung disantap oleh Dennis, tapi didiamkan dalam kulkas selama 24 jam. Setelah itu, Dennis meletakkannya dalam wadah kecil dan mencobanyaz

"Ini lanjut di kulkasin selama 24 jam dan besoknya baru bener-bener jadi," kata Dennis.

Video Dennis membuat natto itu sudah ditonton lebih dari 18,6 juta kali. Komentarnya dari netizen juga beragam.

"Gampang banget kayaknya," komentar netizen.

"Jadi pengen coba juga bikin," sahut netizen lain.

Baca Juga: Sate Pak Bustaman: Empuk Maknyus! Sate dan Sop Sumsum Kambing yang Super Gurih



Simak Video "Kepoin Dear Butter, Kue Viral Manis Krenyes"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT